Jawa Pos

Wadahi Pencinta Seni Peran untuk Belajar

Kembangkan Iklim Keaktoran agar Kondusif dan Terarah

-

SURABAYA, Jawa Pos – ”Kami terbuka bagi siapa pun yang ingin mendalami seni peran,” ucap perwakilan anggota komunitas Act Think Club (ATC) Eddy Lagos. Dia juga menjelaska­n tentang komunitas tersebut. Menurut Eddy, ATC merupakan wadah bagi pencinta seni peran di Surabaya untuk saling berbagi dan belajar. Sebagian anggotanya telah terlibat dalam film lokal.

Komunitas tersebut dibentuk pada awal 2021. Itu berawal ide para pencinta film di Surabaya yang kerap berbagi pengalaman di kedai kopi atau warkop. Mereka ingin mengembang­kan iklim keaktoran agar kondusif dan terarah. Baik ilmu maupun praktiknya. Mengingat, banyak tawaran proyek seni peran di Surabaya dan sekitarnya yang bisa mereka kerjakan. Misalnya, iklan, film pendek, dan film panjang.

”Kami mengenal banyak talent yang berkualita­s untuk dipersiapk­an dalam proyek-proyek itu,” papar Eddy.

Kegiatan ATC beragam. Di antaranya, membaca dan menceritak­an kembali sebuah naskah. Tujuannya, calon aktor bisa memahami dan mengucapka­n kembali dialog dengan intonasi natural. Ada juga berbagi materi tentang keaktoran. Itu akan memperkuat pengetahua­n anggota terhadap berbagai peran dan praktiknya.

”Seluruhnya dilatih oleh mentor yang berpengala­man,” ucap pria yang juga menjadi mentor ATC itu. Seiring berjalanny­a waktu, ATC diajak berkolabor­asi untuk sebuah film lokal Surabaya. Yakni, Song of Hyena (SoH). Pada film tersebut, mereka menyiapkan sejumlah talent untuk berperan di dalamnya. Misalnya, pemeran utama SoH Sausan Sabrina. Perempuan yang akrab disapa Sabrina itu bergabung melalui casting dan mendalami seni peran di ATC.

Dia pun merasa ATC adalah wadah yang tepat untuk menambah wawasan seni peran. ”Aku juga menemukan keluarga baru yang selalu mendukung apa yang aku senangi,” kata mahasiswa Universita­s Surabaya (Ubaya) tersebut. Saat ini sudah ada 20 orang yang bergabung dalam komunitas itu.

 ?? ACT THINK CLUB FOR JAWA POS ?? MENTOR: Eddy Lagos (kiri) bersama Sausan Sandra di sela syuting Song of Hyena. Talent dalam film tersebut berkolabor­asi dengan ATC.
ACT THINK CLUB FOR JAWA POS MENTOR: Eddy Lagos (kiri) bersama Sausan Sandra di sela syuting Song of Hyena. Talent dalam film tersebut berkolabor­asi dengan ATC.
 ?? ACT THINK CLUB FOR JAWA POS ?? BARENG: Anggota komunitas Act Think Club berlatih bersama dalam satu kesempatan. Mereka terus mengasah kemampuan akting.
ACT THINK CLUB FOR JAWA POS BARENG: Anggota komunitas Act Think Club berlatih bersama dalam satu kesempatan. Mereka terus mengasah kemampuan akting.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia