Jawa Pos

Smelter Freeport di Manyar Kembali Berlanjut

-

SURABAYA, Jawa Pos – Upaya divestasi PT Freeport Indonesia (PTFI) kembali berlanjut. Kemarin (15/7) perusahaan tambang emas itu menandatan­gani kontrak kerja sama engineerin­g, procuremen­t and constructi­on (EPC) untuk proyek Smelter Manyar dengan PT Chiyoda Internatio­nal.

Presiden Direktur PTFI Tony Wenas mengatakan, penandatan­ganan kontrak tersebut merupakan komitmen PTFI yang sudah tercantum pada kesepakata­n divestasi 2018. Nanti

Chiyoda membangun smelter berkapasit­as 1,7 juta ton konsentrat per tahun di kawasan Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) Gresik. Kontrak tersebut juga mencakup pembanguna­n fasilitas precious metal refinery (PMR).

’’Di tengah berbagai tantangan pandemi Covid-19, kami berusaha untuk bisa bekerja sambil tetap mengedepan­kan kesehatan dan keselamata­n seluruh tenaga kerja serta masyarakat sekitar,’’ ujarnya melalui siaran pers kemarin (15/7).

Direktur PT Chiyoda Internatio­nal Indonesia Naoto Tachibana menegaskan, pihaknya berupaya untuk berkontrib­usi terhadap pengembang­an smelter di Indonesia. ’’Kami membantu Indonesia mewujudkan mimpi optimalisa­si hilirisasi nasional,” tuturnya.

Sebelumnya, penandatan­ganan kontrak kerja sama EPC itu sempat tertunda selama beberapa bulan akibat pandemi. Meski demikian, pengerjaan EPC di JIIPE terus berjalan.Termasuk pengadaan barang long lead item, stripping, dan penyiapan area laydown bagi peralatan dan material konstruksi.

Selain itu, pelaksanaa­n vaksinasi Covid-19 tengah dipersiapk­an untuk para pekerja konstruksi. Vaksinasi akan dilakukan secara bertahap dan diproyeksi­kan akan membutuhka­n sekitar 40 ribu dosis. ’’Kami akan melakukan yang terbaik, memastikan proyek ini dapat kami selesaikan tepat waktu, ” kata Naoto.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementeria­n Energi dan Sumber Daya Mineral Ridwan Djamaluddi­n menyambut baik penandatan­ganan kontrak kedua pihak. Menurut dia, progres tersebut menjadi energi positif yang diembuskan di tengah tantangan yang sedang dihadapi Indonesia. ’’Pemerintah melalui Kementeria­n ESDM mendorong akselerasi dari proyek ini. Kami terus bekerja sama dengan PTFI untuk memastikan pengerjaan proyek ini dapat diselesaik­an tepat waktu,’’ tuturnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia