Jawa Pos

FFI 2021 Tambah Kategori Favorit

-

JAKARTA, Jawa Pos – Festival Film Indonesia (FFI) Ke-41 bakal digelar 10 November mendatang. Meskipun pandemi belum mereda, geliat perfilman Indonesia mulai tampak sehingga diharapkan ajang tersebut bisa menjadi apresiasi bagi insan film.

Ketua Komite FFI 2021–2023 Reza Rahadian menyampaik­an, film Indonesia belakangan ini harus bekerja keras untuk menjemput penontonny­a. Film yang menjadi peserta FFI pun tidak lagi hanya mereka yang sudah disiarkan di layar lebar atau televisi, melainkan juga yang tayang dalam platform over-the-top (OTT) seperti Netflix.

”Di kepanitian sendiri, menjawab tantangan bagi seluruh ekosistem adalah salah satu strategi serta cara kami untuk bisa membuka ruang diskusi sebanyak mungkin,” jelas Reza dalam peluncuran FFI secara virtual kemarin (15/7).

Salah satu yang baru dalam FFI kali ini adalah adanya kategori baru, yakni film favorit, aktor favorit, dan aktris favorit pilihan dari media sosial. Ketua Bidang Penjurian FFI 2021 Garin Nugroho menyatakan, kategori tersebut menyesuaik­an juga dengan situasi di mana penonton kini lebih banyak menikmati tayangan melalui platform daring. ”Ini salah satu tawaran kami untuk menjadikan media baru sebagai salah satu bagian dari ekosistem perfilman Indonesia,” ungkap Garin.

Selain itu, perhelatan FFI 2021 di tengah pandemi bakal sedikit banyak memengaruh­i penjurian itu sendiri. Namun, Reza maupun Garin memastikan, panitia bakal menampung masukan sebanyak-banyaknya dari asosiasi, insan perfilman, maupun masyarakat agar sistem penjurian tetap transparan dan akuntabel. ”Menjuri di pandemi tentu tetap harus menjaga keakuratan. Kami upayakan agar 15 juri yang telah dipilih melalui asosiasi juga bisa menonton bersama di bioskop, tentunya akan kami lakukan setelah diskusi yang cukup panjang,” lanjut Garin.

 ?? IMAM HUSEIN/JAWA POS ?? KETUA KOMITE FFI 2021: Reza Rahadian.
IMAM HUSEIN/JAWA POS KETUA KOMITE FFI 2021: Reza Rahadian.
 ?? JUSTIN TALLIS/AFP ?? PEARL: Karya Archewell Production­s, rumah produksi milik Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle.
JUSTIN TALLIS/AFP PEARL: Karya Archewell Production­s, rumah produksi milik Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia