Jawa Pos

Pensiun (Lagi) di Bulan Juli

-

GRONINGEN, Jawa Pos – Arjen Robben gantung sepatu? Ya, ini bukanlah hal yang baru bagi Si Kaki Kaca –julukan Robben. Dia pernah mengungkap­kannya setelah pergi dari Bayern Muenchen musim panas 2019. Tetapi, setahun setelahnya, tepatnya pada 27 Juni 2020, Robben pun come back. Dia kembali dari masa pensiun dan memperkuat klub masa kecilnya, FC Groningen. Nah, setelah semusim menjalani comeback-nya di Eredivisie musim lalu, dan hanya enam kali bermain, tadi malam WIB Robben mengungkap­kan kembali keputusann­ya untuk pensiun. Lagi-lagi, Robben memutuskan­nya di bulan Juli.

Melalui cuitan akun Twitter-nya, wide attacker 37 tahun tersebut menegaskan bahwa dirinya benar-benar gantung sepatu kali ini. ’’Saya sudah memutuskan mengakhiri karier sepak bola saya. Keputusan yang sangat sulit harus saya ambil,’’ sebut Robben dalam ucapan perpisahan­nya itu. Dalam musim comeback-nya, Robben mencatatka­n dua assist.

Tepatnya saat Groningen menghabisi FC Emmen empat gol tanpa balas pada speeldag (pekan) ke-32 Eredivisie (9/5). Itu juga satu-satunya laga di mana Robben sanggup bermain lebih dari satu jam. Dia main selama 80 menit. Penampilan­nya musim lalu seolah jadi alarm baginya untuk berhenti bermain.

’’Melihat kembali ke performaku musim lalu, saya harus dengan jujur menyimpulk­an bahwa jumlah menit bermainku terbilang mengecewak­an,’’ sesalnya.

Robben hanya bermain 263 menit dan dua kali jadi starter sepanjang musim. Musim lalu, Robben harus menghabisk­an waktu 169 hari untuk menyembuhk­an cedera betisnya. Dalam semusim, mantan pemain sayap Chelsea itu bahkan sudah dua kali cedera dengan waktu pemulihan yang lama.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia