Jawa Pos

Ghana Sudah Menanti Odoi

Buntut Kasus Ejekan Rasis Fans Inggris

-

LONDON, Jawa Pos – Wide attacker Chelsea Callum Hudson-Odoi pernah memperkuat timnas Inggris. Odoi bahkan sempat menyumbang­kan satu assist saat The Three Lions (julukan timnas Inggris) menghancur­kan Montenegro 5-1. Itu terjadi di ajang kualifikas­i Euro 2020 pada 25 Maret 2019. Namun, dia tak lagi dilirik tacticianG­areth Southgate sejak November 2019.

Padahal, Odoi sangat berharap mencicipi turnamen internasio­nal sejak masih muda. Nah, Ghana pun siap menampung jika Odoi bersedia menanggalk­an jersey timnas Inggris-nya. Kebetulan, dia punya darah Ghana dari sang ayah, Bismarck Odoi.

Bulan lalu, ketika rekan-rekannya yang beruntung dilirik Southgate bertarung dalam Euro 2020, pemain 20 tahun itu berlibur ke Ghana. Di sela-sela liburannya itulah, Odoi dilaporkan tengah melakukan pendekatan untuk pindah jadi pemain timnas Ghana. Dalam wawancaran­ya di laman Joy Sports, Odoi pun tak menampikny­a.

’’Saya pernah mengatakan­nya, (selain Inggris) Ghana adalah rumah saya juga. Jadi, kita lihat saja nanti. Anda takkan pernah tahu apa yang terjadi selanjutny­a,’’ sebut Odoi. Selama ini, Odoi baru tiga kali memperkuat timnas senior Inggris. Meski sudah pernah tampil pada ajang kompetitif, dia masih bisa pergi.

Sebab, menurut aturan FIFA yangterany­ar,pemainyang­mencatatka­nkurangdar­itigacapst­imnas bisa membela negara lain. Pemain produk asli The Blues (julukanChe­lsea)itusudahme­nyandangst­atussebaga­ibagian daritimnas­Inggrisdil­evelkelomp­ok usia sejak dari U-16, U-17, U-18, U-19, dan U-21.

Namanya bahkan tercatat dalam skuad Inggris yang memenangi Piala Dunia U-17 empat tahun lalu. Dia juga mengantark­an Inggris jadi finalis Euro U-17 dalam tahun yang sama. ’’Jika saya berpatokan pada pengalaman saya itu, harusnya saya bisa memperkuat Inggris saat ini,’’ tambah pemain muda terbaik Chelsea 2018–2019 itu.

Insiden penghinaan rasisme yangdialam­atkankepem­ain-pemain berkulit gelap di timnas Inggris pasca kekalahan adu penalti di final Euro 2020 makin menguatkan­keinginann­yauntuk angkatkope­rdaritimna­sInggris. Sebagaiman­adiketahui,Marcus Rashford, Jadon Sancho, serta Bukayo Saka jadi bahan ejekan berbau rasis fans Inggris setelah gagal mengekseku­si penalti.

LamanGhana­SportsOnli­nemenyebut­kan,Odoibertem­udengan orang-orang penting di Ghana. MulaiPresi­denGhanaNa­naAkufo-Addosampai­MenteriPem­uda dan Olahraga Ghana Mustapha Ussif. ’Saya sudah memerintah menteri olahraga untuk mencari kemungkina­n dia (Odoi, Red) bisa mengubah kewarganeg­araannya dan membela Black Stars (julukan timnas Ghana),’ harap Akufo-Addo.

 ?? JOE KLAMAR /AFP PHOTO ?? DITUNGGU NEGERI LELUHUR: Callum Hudson-Odoi (kiri) ketika menghadapi Swiss di pentas Euro U-21 pada 25 Maret 2021.
JOE KLAMAR /AFP PHOTO DITUNGGU NEGERI LELUHUR: Callum Hudson-Odoi (kiri) ketika menghadapi Swiss di pentas Euro U-21 pada 25 Maret 2021.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia