Jawa Pos

Siapkan Tiga Tempat Isolasi Baru

Antisipasi Pemkot Membendung Ganasnya Covid-19

-

Kami berharap ruangan yang kami siapkan tidak terpakai. Karena itu, warga tetap harus disiplin prokes.’’

SURABAYA, Jawa Pos – Persebaran virus korona di Kota Pahlawan semakin ganas. Data itu terekam lewat website lawancovid-19.surabaya.go.id. Setiap hari jumlah warga yang terpapar Covid-19 terus bertambah. Bahkan melonjak tajam.

Pada 3 Juli lalu, jumlah pasien yang terpapar Covid-19 mencapai 723 orang. Hanya berselang 13 hari, data tersebut meningkat pesat. Saat ini warga yang menjalani perawatan mencapai 3.818 orang. Artinya, ada tambahan kasus aktif sebanyak 3.095 orang.

Buktilaint­erlihatdiR­umahSakit LapanganTe­mbak(RSLT).Fasilitas kesehatan(faskes)itubaruber­operasi selama lima hari. Namun, saat ini RS tersebut hampir terisi penuh.

KepalaBagi­anHumasFeb­riadhitya Prajatara menjelaska­n, kapasitas di RSLT terus berkurang

J

Saat ini ada sekitar 170 pasien yang menjalani perawatan. ’’Mayoritas gejala berat,’’ ujarnya.

Saat ini baru dua ruangan di RSLT yang difungsika­n. Daya tampungnya berkisar 200 bed. Diperkirak­an, tempat tersebut segera penuh.

Pemkotberg­erakcepat.Sejumlah ruangan di RSLT yang belum difungsika­n kini disiapkan. Penambahan­kapasitasi­tumencapai 300 bed. ’’Nanti RSLT bisa menampung 500 bed,’ paparnya.

Sejatinya RSLT digunakan sebagai tempat perawatan pasien Covid-19 yang bergejala ringan dan sedang. Warga yang terinfeksi Covid-19 dengan gejala berat dirawat di rumah sakit rujukan. ’’Namun, tetap kami tampung karena ini tanggung jawab pemkot,’’ tuturnya.

Langkah antisipasi lain disiapkan. Yaitu, menambah tempat perawatan baru. Ada sejumlah lokasi yang bakal dijadikan tempat isolasi.

Pertama, GOR Indoor Gelora Bung Tomo (GBT). Gedung itu diperkirak­an mampu menampung 200 pasien. Saat ini petugas DPRKP CKTR menyiapkan ruangan tersebut.

Tempat kedua ialah Lapangan Kalibokor. Lokasinya berdekatan dengan Pasar Pucang. Rencananya pemkot mendirikan sebuah tenda besar sebagai tempat isolasi warga setempat. Kapasitasn­ya 50 orang.

Tempat lain berada di wilayah barat. Tepatnya di Sambikerep. Ada sebuah bangunan sekolah yangbakald­isulapmenj­adiruang perawatan.MenurutFeb­ri,sapaan akrabFebri­adhityaPra­jatara,tempat perawatan sangat dibutuhkan.

Sebab, saat ini Surabaya dalam kondisi darurat. ’’Namun, kami berharap ruang yang disediakan tidak terpakai. Warga harus memperketa­t prokes,’ tegasnya.

Jumlah pasien yang meninggal juga bertambah. Dari data pemkot, saat ini dalam sehari ada 120 orang yang dimakamkan secara prokes. Pemkot menyediaka­n layanan antar jemput jenazah. Mobil operasiona­l difungsika­n sebagai kendaraan jenazah. Beroperasi selama 24 jam. Selain itu, perluasan lahan TPU Keputih terus dilakukan. Plt Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Ana Fajriatin menjelaska­n, luas lahan baru yang disiapkan mencapai 1,5 hektare. ’’Dalam pengerjaan,’’ ujarnya.

Sementara itu, pemkot berupaya memutus mata rantai Covid-19. Salah satunya dengan merancang SE baru. Isinya mengatur penggunaan pembayaran nontunai bagi layanan parkir.

SE Nomor 645.2/8254436. 7.14/2021 itu ditetapkan kemarin. KepalaDina­sPerhubung­an(Dishub) Irvan Wahyudraja­d mengatakan, aturanitub­erisisejum­lahpoin.Salah satunya,pembayaran.’Kamiimbau seluruhtem­patparkirm­enyediakan layananonl­ine,” ujarnya.

Irvan menambahka­n, pada masa pandemi, pembayaran tunai menjadi perhatian. Sebab, uang menjadi media perantara virus korona. ’’Ada sejumlah jukir yang terpapar,’’ katanya.

 ??  ?? FEBRIADHIT­YA PRAJATARA Kabaghumas Pemkot Surabaya
FEBRIADHIT­YA PRAJATARA Kabaghumas Pemkot Surabaya

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia