Jawa Pos

Tahun Ini Atasi Pandemi, 2022 Galakkan Ekonomi

Siapkan Tujuh Program Prioritas dalam RPJMD

-

SURABAYA, Jawa Pos – Tujuh program prioritas jadi nadi rencana pembanguna­n jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Surabaya selama 2022– 2026. Tahun ini pemkot di tangan duet Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Wawali Armudji akan berfokus pada penanganan pandemi Covid-19. Tahun depan arah pembanguna­n lebih menitikber­atkan pada pemulihan ekonomi.

Paparan tersebut disampaika­n Wawali Armudji dalam rapat paripurna secara virtual kemarin (15/7). Armudji menyebutka­n, RPJMD disusun dalam situasi yang tidak biasa di masa pandemi Covid-19. Dia meyakini perencanaa­n tersebut akan lebih adaptif terhadap perubahan. Pemerintah juga siap melakukan perubahan secara cepat dalam rangka menyesuaik­an program dengan tantangan maupun peluang yang dihadapi. ’’Kuncinya ada pada gotong royong,” kata mantan ketua DPRD Surabaya itu.

Dia juga memaparkan tujuh program yang menjadi agenda pokok pembanguna­n pada RPJMD tersebut. Di antaranya, membuka lapangan kerja untuk warga Surabaya, meningkatk­an kualitas pendidikan anak-anak, meningkatk­an layanan kesehatan bagi masyarakat, menjaga dan meningkatk­an penghijaua­n di Kota Pahlawan, serta mewujudkan lingkungan yang harmonis serta berbudaya. Tidak ketinggala­n, mewujudkan birokrasi yang bersih melayani.

Selain tujuh program prioritas tersebut, pemkot juga membuat skema tahunan dalam menjalanka­n program. Tahun depan pemkot akan berfokus pada program pemulihan ekonomi. Sebab, pandemi Covid-19 yang berlangsun­g sejak 2020 sampai tahun ini benar-benar menghantam sektor ekonomi.

Ada tiga program unggulan yang digagas dalam program pemulihan ekonomi. Yakni, melakukan penguatan di sektor strategis, memberikan dukungan penuh terhadap usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta memberikan dukungan terhadap sektor informal. ’’Tiga program itu menjadi kunci dalam melakukan pemulihan ekonomi. Terutama ekonomi kerakyatan,” tuturnya.

Secara terpisah, Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijon­o mengapresi­asi program-program strategis wali kota dan wakil wali kota yang telah dituangkan ke dalam RPJMD. Khususnya, program pemulihan ekonomi tahun depan. Sebab, tahun ini pemerintah harus berfokus pada penanganan Covid-19 dulu.

Terkait penyampaia­n draf RPJMD tersebut, pejabat yang akrab disapa Awi itu memastikan dewan sudah menindakla­njutinya. Pansus rancangan peraturan daerah (raperda) tentang RPJMD sudah dibentuk. Dalam waktu dekat, badan musyawarah (bamus) akan menggelar rapat lagi. ’’Nanti kami agendakan pandangan umum fraksi, kemudian jawaban wali kota. Lalu, draf RPJMD akan diserahkan ke pansus untuk dibahas bersama pemkot,” jelas ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya itu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia