Jawa Pos

Tambah Pipa Cegah Kelangkaan Air

-

SURABAYA, Jawa Pos – Di tengah musim kemarau seperti sekarang, antisipasi kelangkaan air minum terus dilakukan. Misalnya, di Jalan Nginden II kemarin (15/7), PDAM Surya Sembada menambah jaringan pipa di area perkampung­an. Tepatnya berada di bangunan No 52.

’’Pemasangan pipa ini dilakukan untuk optimalisa­si aliran air agar tidak sering mati,” ungkap Supervisor Humas PDAM Surya Sembada Andriana. Pipa yang digunakan berdiamete­r 200 milimeter dengan tipe D-200. ’’Panjang keseluruha­n mencapai 823 meter,” katanya.

Dia menerangka­n, proyek tersebut telah dikerjakan seminggu belakangan. Pengerjaan ditargetka­n selesai dalam waktu tiga minggu.

Area proyek yang tepat berada di akses jalan menyulitka­n penyelesai­an. Sebab, pekerja harus membagi waktu dengan masyarakat dalam hal akses. ’’Di pintu masuk kampung sudah kami beri imbauan adanya pengerjaan galian. Begitu juga di area tengah,” tambahnya.

Warga yang menggunaka­n jalan tersebut memang harus waspada. Sebab, daerah galian berada tepat di tengah jalan. Pengendara yang diperboleh­kan melintas hanya sepeda motor. Kendaraan roda empat harus memutar ke arah selatan.

’’Memang sudah dikerjakan seminggu ini. Saya melihat banyak petugas. Tapi, mereka pun harus membagi waktu saat mengerjaka­n pipa,” ucap Kurnia Ananda, salah seorang warga. Dia menerangka­n, daerah tempat tinggalnya yang berada di No 91 tidak mengalami masalah air hingga saat ini. ’’Tapi, bisa jadi bermasalah di rumah lain. Penambahan ini tentu sangat membantu,” tuturnya.

Dia berharap PDAM Surya Sembada bisa segera menyelesai­kan pengerjaan pipa tersebut. Dengan begitu, warga bisa mendapatka­n air dengan layak. Pengendara juga bisa melintas dengan nyaman.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? OPTIMALISA­SI: Pengerjaan pipa PDAM di kawasan Nginden direncanak­an rampung dalam tiga minggu.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS OPTIMALISA­SI: Pengerjaan pipa PDAM di kawasan Nginden direncanak­an rampung dalam tiga minggu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia