Jawa Pos

Salat Idul Adha di Rumah, Potong Kurban Bisa di RPH

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Pemkab Sidoarjo menerbitka­n surat edaran bupati terkait dengan pelaksanaa­n malam takbiran, salat Idul Adha, dan kurban 1442 Hijriah. Isinya, aturan pelaksanaa­n malam takbiran, salat Idul Adha, serta kurban.

Malam takbiran di masjid atau musala bisa dilakukan dengan audiovisua­l dan tidak mengundang jamaah. Takbir keliling, baik dengan arak-arakan berjalan kaki, arak-arakan kendaraan, maupun yang lain, ditiadakan.

Salat Idul Adha di masjid atau musala yang dikelola masyarakat, instansi pemerintah, perusahaan, atau tempat umum lainnya yang difungsika­n sebagai tempat ibadah ditiadakan. ”Sesuai dengan surat edaran gubernur Jatim,” kata Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali kemarin.

Takbir dan salat Idul Adha dapat dilakukan di rumah masing-masing sesuai dengan rukun sahnya salat Idul Adha. Sementara itu, pelaksanaa­n kurban diimbau tidak terlalu lama. Yakni, pukul 07.00 sampai 12.00. Pemotongan hewan kurban bisa dilakukan di rumah potong hewan ruminansia (RPHR).

Pemotongan di luar RPHR diperboleh­kan, tapi harus jaga jarak fisik dan dilaksanak­an di area terbuka yang luas. Selain petugas tidak perlu hadir. Petugas pula yang nanti mendistrib­usikan daging hewan kurban ke tempat tinggal warga yang berhak atau melalui ketua RT.

Sementara itu, semarak menjelang Idul Adha masih tampak di Kota Delta.

Salah satunya muncul pedagang kambing dadakan. Misalnya, di dekat perempatan Jalan Pagerwojo. Di situ saja ada dua penjual kambing dadakan. Padahal, jaraknya berdekatan.

Meski begitu, jumlah pembeli turun drastis. Salah seorang pedagang yang merasa jualannya menurun adalah Darsono. Pria asal Pagerwojo itu sudah 15 tahunberju­alan.”Barusatuya­nglaku.Semoga semakin dekat semakin ramai. Kalau tahun-tahun lalu, H-7 biasanya bisa laku puluhan,” keluhnya.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? HINDARI KERUMUNAN: Penjualan hewan kurban mulai marak di Jalan Lingkar Timur. Pada Idul Adha tahun ini, warga diminta menjalanka­n salat di rumah dan menyerahka­n penyembeli­han hewan ke RPH.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS HINDARI KERUMUNAN: Penjualan hewan kurban mulai marak di Jalan Lingkar Timur. Pada Idul Adha tahun ini, warga diminta menjalanka­n salat di rumah dan menyerahka­n penyembeli­han hewan ke RPH.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia