Jawa Pos

Yoga Nidra untuk Immune Booster

Meditasi yang Meningkatk­an Vitalitas

-

SURABAYA, Jawa Pos – Ada cara berbeda yang dilakukan dr Astie Young dipl Cidesco CHt MNLP untuk boosting imunitas selama masa pandemi. Terlebih pada masa PPKM sekarang ini. Astie rutin melakukan gerakan yoga nidra. Gerakan yoga tersebut memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh.

Dia pun sering membagikan teori dan praktiknya gratis secara virtual.

Astie menyatakan, yoga nidra adalah yoga yang cukup unik. ”Kita menggabung­kan relaksasi mendalam dengan kesadaran penuh perhatian. Bisa dibilang seperti meditasi atau tidur secara psikis,” jelasnya saat dihubungi kemarin (15/7). Dengan konsep tersebut, gerakan yoga yang satu itu dipercaya dapat menghilang­kan stres hingga mem-boosting imunitas. Dokter kelahiran 18 Februari itu menjelaska­n kaitan antara tidur dan sistem imun yang harus dipahami di sini. Yakni, tidur tidak sekadar memejamkan mata dan menghilang­kan kantuk atau lelah di tubuh. ”Tapi, tidur yang bisa membuat tubuh kita memproduks­i sel T dan sel darah putih yang berperan dalam respons sistem kekebalan terhadap virus,” ungkapnya. Karena itulah, manfaat seperti merelaksas­i pikiran, mengatasi insomnia dan psikosomat­ik, hingga meningkatk­an vitalitas tubuh bisa didapat lewat yoga nidra. ”Bukan hanya itu sebenarnya. Yoga ini juga bisa mendetoks pikiran bawah sadar kita sampai meningkatk­an kesadaran,” terangnya.

Astie menuturkan, yoga nidra ini sangat cocok dijadikan sebagai kegiatan selama PPKM darurat ini. Terlebih dilakukan bersama keluarga. ”Ini buat yang isoman juga bisa lho. Buat mereka yang gejala ringan cocok,” katanya.

Tidak ada batasan umur untuk melakukan gerakan yoga tersebut. ”Durasinya pun bisa disesuaika­n. Idealnya 40–60 menit,” tuturnya.

Dengan berbagi teori dan teknik yoga ini, Astie ingin berbagi tips hidup sehat yang mudah dilakukan dan sangat bisa dipraktikk­an di rumah saja. ”Apalagi, sekarang klaster keluarga sudah sangat banyak,” ujarnya. Dari situ, dia ingin membagikan salah satu kegiatan positif untuk menjaga kesehatan masing-masing.

 ?? ASTIE YOUNG FOR JAWA POS ?? RILEKS: Dokter Astie Young dalam salah satu gerakan yoga nidra yang menggabung­kan relaksasi mendalam dengan kesadaran.
ASTIE YOUNG FOR JAWA POS RILEKS: Dokter Astie Young dalam salah satu gerakan yoga nidra yang menggabung­kan relaksasi mendalam dengan kesadaran.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia