Jawa Pos

Gosip Kolaborasi BTS dan Coldplay

Ungkap Kerinduan Ucapkan ’’Make Some Noise’’

-

SEOUL, Jawa Pos – Belum sepekan merilis Permission to Dance yang salah satu penciptany­a adalah Ed Sheeran, BTS sudah kembali dengan kabar besar. Artis Korea pertama yang masuk nominasi Grammy Awards itu dikabarkan akan berkolabor­asi bareng Coldplay. Kemarin (15/7) situs database lirik lagu MatchLyric mengunggah lirik My Universe. Lagu itu diyakini merupakan single baru Coldplay. Dalam detail, tercantum bahwa lagu tersebut dibawakan featuring artist BTS, lengkap dengan lirik berbahasa Korea.

Setelah gosip itu beredar, cuplikan lagu tersebut bocor. Beberapa warganet menilai, suara tersebut adalah milik Chris Martin, vokalis band asal Inggris tersebut, dan Jungkook. Meski banyak bocoran yang beredar, Warner Music Korea –perwakilan label rekaman Coldplay– dan Big Hit Music bergeming. ’’Sulit untuk mengonfirm­asi konten yang tengah beredar,” ungkap mereka dalam pernyataan resmi.

Gosip itu langsung disambut meriah para ARMY, sebutan fans BTS. Mereka menilai, kolaborasi tersebut tak sebatas rumor. ’’Biasanya, kalau Big Hit bilang tidak bisa atau sulit mengonfirm­asi, gosip itu benar,’’ ungkap ARMY di media sosial.

Sebelumnya, BTS dan Coldplay belum pernah berkolabor­asi. Namun, Coldplay sempat memberikan pujian ketika grup yang selain beranggota Jungkook, juga diisi Jin, Jimin, J-Hope, V, Suga, dan RM, itu meng-cover hit mereka, Fix You.

Di sisi lain, pada Rabu (14/7) dan kemarin (15/7) WIB, BTS juga ”mengambil alih” The Tonight Show Starring Jimmy Fallon. Mereka membawakan Butter dan Permission to Dance. Khusus penampilan Butter, BTS tampil di Jembatan World Cup, Seoul, yang baru akan dibuka untuk publik bulan depan. Di acara itu, Fallon membahas nominasi perdana BTS di Grammy Awards. Tahun ini mereka sukses masuk nominasi Penampilan Duo/Grup Pop Terbaik lewat Dynamite. Kategori tersebut dimenangka­n duet Lady Gaga dan Ariana Grande, Rain on Me.

”Maaf kalau ucapan saya klise, tapi hal itu adalah salah satu kehormatan terbesar buat seorang seniman di seluruh dunia. Dan ini adalah kali pertama (buat artis, Red) Korea masuk sehingga hal ini begitu bermakna dan historis,” ungkap RM. Fallon menyatakan, dia yakin BTS bisa kembali masuk nominasi lewat Butter. Dia menilai lagu itu jadi hit di mana-mana.

Hal tersebut diamini Jin. Dia mengaku menyukai Butter sejak mendengar sampel lagunya. ”Saya yakin banget, lagu ini akan menjadi hit musim panas yang luar biasa. Saya tahu itu sejak pertama dengar,” paparnya.

Dalam wawancara terpisah dengan Billboard, penulis lagu Jenna Andrews menerima materi Butter pada Februari lalu. ’’Ketika Rob (Grimaldi, produser lagu) mengirim lagu yang dia kerjakan dengan Stephen Kirk dan Sebastian Garcia, aku langsung jatuh hati dengan hook dan melodinya yang luar biasa. Lagu ini akan sangat cocok dengan BTS,” ungkapnya.

Proses produksi pun dilanjutka­n dengan menggarap lirik, menulis ulang verse dan pre-chorus, sebelum menambahka­n bagian rap. RM juga menceritak­an proses produksi Permission to Dance. Pemilik nama lengkap Kim Nam-joon itu menjelaska­n, lagu tersebut merupakan kado dari Ed Sheeran. Sebelumnya, mereka pernah berkolabor­asi di lagu Make It Right. Meski demikian, BTS dan Sheeran belum pernah bertemu langsung.

Fallon menganggap bahwa dirinya juga punya kans buat berkolabor­asi dengan boyband yang berpartner dengan Unicef itu. Sebab, dia pernah bertemu langsung dengan BTS. ’’Kalau kalian mau, saya punya beberapa ide lagu yang masih nyambung dengan Butter. Kita bisa menyusuri seluruh rak produk olahan susu... Tinggal beri tahu pilihan kalian dan kita bisa bekerja bareng,” candanya.

BTS menyatakan tidak sabar kembali melakukan tur. ’’Kami ingin meneriakka­n ’make some noise’ lagi,” kata RM.

Sesi bincang-bincang itu ditutup dengan bernostalg­ia dengan foto yang diambil delapan tahun lalu. Beberapa personel, terutama Jimin, tampak malu. V menyatakan, semua personel terlihat makin dewasa. ’’Jujur, kami semua makin tampan sekarang,” lanjut RM.

 ?? FILE THE TONIGHT SHOW STARRING JIMMY FALLON ?? GET IT, LET IT ROLL: BTS membawakan Butter di Jembatan World Cup, Seoul, untuk acara The Tonight Show Starring Jimmy Fallon yang tayang kemarin WIB (15/7).
FILE THE TONIGHT SHOW STARRING JIMMY FALLON GET IT, LET IT ROLL: BTS membawakan Butter di Jembatan World Cup, Seoul, untuk acara The Tonight Show Starring Jimmy Fallon yang tayang kemarin WIB (15/7).
 ?? FILE THE TONIGHT SHOW STARRING JIMMY FALLON ?? PANGGUNG ISTIMEWA: BTS menyanyi dalam keremangan malam di Jembatan World Cup, Seoul, Korea, yang baru akan dibuka untuk umum bulan depan.
FILE THE TONIGHT SHOW STARRING JIMMY FALLON PANGGUNG ISTIMEWA: BTS menyanyi dalam keremangan malam di Jembatan World Cup, Seoul, Korea, yang baru akan dibuka untuk umum bulan depan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia