Jawa Pos

LINI TENGAH BANYAK RUMOR

Sudah sewajarnya kalau tim juara bakal berbanding lurus dengan para pemainnya yang bakal laris peminat di bursa transfer. Hal itu juga terjadi di skuad Italia setelah memenangi Euro 2020 lima hari lalu (12/7).

-

PARIS Saint-Germain (PSG) mengambil langkah tepat saat memutuskan untuk menerima Gianluigi Donnarumma yang tidak melanjutka­n kontrak di AC Milan. Meski tidak mengeluark­an biaya transfer, tidak semua klub mau memakai jasa kiper 22 tahun yang akrab disapa Gigio tersebut. Alasannya tak lain adalah bayaran mahal Gigio plus fee besar untuk agennya yang mata duitan, Mino Raiola.

Padahal, PSG sudah memiliki Keylor Navas sebagai penjaga gawang utama dan performany­a konsisten. Bahkan, kedatangan Gigio terkesan mubazir karena total ada sembilan kiper yang kini dimiliki Les Parisiens.

Meski begitu, PSG tidak sia-sia mendapatka­n Gigio yang sepakat untuk membela klub juara sembilan kali Ligue 1 itu di selasela perhelatan Euro 2020. Tepatnya sebelum Gigio membela Italia dalam matchday kedua fase grup kontra Swiss (17/6). Sebab, di akhir turnamen, Gigio membawa Gli Azzurri sebagai juara Euro 2020 sekaligus terpilih sebagai pemain terbaik. ”Dia (Gigio) datang sebagai pemenang dan semoga bisa menularkan­nya kepada klub kami,” kata Presiden PSG Nasser Al-Khelaifi seperti dilansir di laman resmi klub.

Selain Gigio, deputinya di Euro 2020, Salvatore Sirigu, juga berganti klub. Tapi, Sirigu yang sempat dimainkan di Euro 2020 pada menit akhir lawan Wales (21/6) itu hanya berpindah antarklub Serie A. Dari Torino ke Genoa CFC.

Di antara starting XI Italia di final Euro 2020, memang baru Gigio yang sejauh ini resmi berganti klub. Tapi, menilik rumor di bursa transfer musim panas, lini tengah yang paling banyak rumor. Kecuali Marco Verratti yang bertahan di PSG, Jorginho, Manuel Locatelli, Matteo Pessina, dan Nicolo Barella masuk pusaran bursa transfer.

Locatelli adalah yang paling banyak peminat. Pemain 23 tahun asal

US Sassuolo itu diminati Juventus sampai AC Milan di Italia hingga Arsenal sampai Leicester City dari Premier League. Padahal, banderolny­a telah menyentuh EUR 40 juta (Rp 684,6 miliar) atau naik nyaris 300 persen sejak dibeli US Sassuolo dari AC Milan pada 2019 seharga EUR 14 juta (Rp 239,8 miliar).

”Arsenal sudah memberikan penawaran resmi, tetapi Juventus juga meminatiny­a dan kami memiliki hubungan baik. Kita lihat saja,” kata CEO US Sassuolo Giovanni Carnevali kepada Sky Sport Italia.

Rekan seklub Locatelli, wide attacker Domenico Berardi, juga belum pasti bertahan. Musim lalu Berardi adalah top scorer US Sassuolo dengan lesakan 17 gol. Semuanya diciptakan di Serie A lantaran klub berjuluk I Neroverdi itu tak lagi merasakan ajang Eropa selama lima tahun terakhir atau sejak berpartisi­pasi dalam Liga Europa 2016–2017.

Keinginan mencicipi ajang prestisius seperti Liga Champions diklaim bisa menggoyahk­an Berardi untuk bertahan bersama I Neroverdi. Klub yang dibelanya sejak awal karier profesiona­lnya pada 2012 atau ketika usianya masih 18 tahun. ”Aku masih ingin menikmati waktu liburku untuk saat ini,” ucap Berardi kepada

 ?? CATHERINE IVILL/POOL/AFP ?? BANYAK PEMINAT: Gelandang Italia Manuel Locatelli dibidik klub-klub besar dari Serie A maupun Premier League.
CATHERINE IVILL/POOL/AFP BANYAK PEMINAT: Gelandang Italia Manuel Locatelli dibidik klub-klub besar dari Serie A maupun Premier League.
 ??  ?? TINGGALKAN LONDON?: Gelandang Italia Jorginho dirumorkan bakal meninggalk­an Chelsea untuk kembali ke Serie A.
TINGGALKAN LONDON?: Gelandang Italia Jorginho dirumorkan bakal meninggalk­an Chelsea untuk kembali ke Serie A.
 ?? PSG FR ?? RESMI: Kiper Italia Gianluigi Donnarumma saat diperkenal­kan sebagai kiper baru Paris Saint-Germain (15/7).
PSG FR RESMI: Kiper Italia Gianluigi Donnarumma saat diperkenal­kan sebagai kiper baru Paris Saint-Germain (15/7).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia