Jawa Pos

Pensiun jika Rengkuh Trofi Ke-50

-

BUKAN Lionel Messi. Bukan pula Cristiano Ronaldo. Untuk urusan pemain yang paling sering mengangkat trofi adalah bek kanan Brasil Dani Alves. Trofi juara Campeonato Paulista tahun ini yang direngkuh Alves bersama Sao Paulo FC merupakan trofi ke43 sepanjang kariernya dalam dunia sepak bola profesiona­l.

Dari ke-43 trofinya tersebut, lima trofi Alves dapatkan selama 118 caps-nya memperkuat Brasil di berbagai ajang. Di antaranya, gelar juara di Copa America 2007 dan 2019, Piala Konfederas­i 2009, dan sekali Alves berhasil membawa Brasil memenangi Piala Dunia U-20 pada edisi 2003.

Kini medali emas Olimpiade 2020 tersebut bisa jadi bidikan terbarunya. ’’Saya sangat bangga dengan diri saya sendiri. Saya sudah memikirkan betapa kerasnya saya berjuang untuk semua ini (43 trofi juara, Red),’’ ucap mantan bek FC Barcelona dan Juventus tersebut seperti dikutip AFP.

Terlebih, Alves yang sekarang sudah berusia 38 tahun itu punya ambisi besar: gantung sepatu setelah merebut trofi ke50. ’’50 trofi! Saya pikir itu akan luar biasa, momen yang bersejarah. Saya harap bisa mendapatka­nnya sebelum saya pensiun nanti. Dan saya berharap itu termasuk di Olimpiade dan Piala Dunia 2022,’’ sambung Alves yang dalam Olimpiade 2020 Tokyo itu menjadi pemain tertua di antara semua kontestan tersebut.

Berbicara dalam laman resmi FIFA, Alves menyebut betapa pentingnya arti medali emas Olimpiade tersebut baginya. Sebab, seumur-umur memperkuat timnas Brasil, tak sekali pun Alves bisa merasakan bangganya dapat bermain dalam cabor sepak bola putra pada ajang multievent empat tahunan tersebut.

Karena itulah, dia tak bisa menyimpan rasa gembiranya saat dipastikan masuk skuad Brasil di Olimpiade. Bagi Alves, Olimpiade itu berbeda dengan turnamen-turnamen lain yang sudah dijalani bersama timnas Brasil. Dimulai dari ajang Copa America, Piala Dunia, hingga di Piala Konfederas­i.

Alves pun mengklaim, aroma Olimpiade benar-benar sudah berhasil menggerakk­an jiwa patriotism­enya sebagai warga negara Brasil. ’’Olimpiade itu ajang yang penuh dengan nuansa magis. Anda akan berada dalam momen yang luar biasa begitu Anda bisa berada di dalamnya,’’ sebutnya.

 ?? MARCELO ENDELLI/AFP PHOTO ?? INCAR MEDALI: Dani Alves (kiri) ketika menghadapi Racing Club di ajang Copa Libertador­es pada 5 Mei lalu.
MARCELO ENDELLI/AFP PHOTO INCAR MEDALI: Dani Alves (kiri) ketika menghadapi Racing Club di ajang Copa Libertador­es pada 5 Mei lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia