Jawa Pos

Ikut Liga 3 Jatim, Wajib Sudah Divaksin

-

SURABAYA, Jawa Pos – Agar Liga 3 zona Jawa Timur bisa segera digulirkan setelah PPKM darurat dicabut, Asprov PSSI Jawa Timur membuat aturan baru untuk para pesertanya. Yakni, seluruh pemain, jajaran pelatih, dan staf ofisial wajib sudah mendapatka­n vaksin.

Sekretaris Asprov PSSI Jatim Dyan Puspito Rini menyatakan, syarat wajib vaksin bersifat mutlak dan tidak bisa dinego. Artinya, tidak ada alasan bagi para peserta untuk tidak menjalanka­nnya jika ingin berkompeti­si di Liga 3 zona Jawa Timur musim ini.

Vaksin yang dimaksud harus dilakukan sebanyak dua kali dosis. Seperti yang dicanangka­n pemerintah. ’’Ya agar nantinya Liga 3 zona Jatim yang akan digelar dengan prokes ketat benar-benar terhindar dan tidak jadi klaster baru korona,’’ tuturnya.

Lantas, bagaimana jika ada beberapa dari 70 calon peserta Liga 3 zona Jatim kesulitan dapat vaksin? Perempuan yang akrab disapa Ririn itu menegaskan, Asprov PSSI Jatim akan membantu. ’’Akan kami bantu koordinasi­kan dengan dinkes setempat. Tapi, kami yakin pasti dapat karena ini kan program pemerintah,’’ ujarnya.

Selain 70 calon peserta, Asprov PSSI Jatim mewajibkan hal serupa pada perangkat pertanding­an. Artinya, wasit dan pengawas pertanding­an juga harus sudah mendapatka­n dua dosis vaksin sebelum turun bertugas untuk pertanding­an Liga 3 zona Jatim. ’’Kami akan melakukan pengecekan ketat untuk ini semua. Ya doakan semoga Liga 3 zona Jawa Timur bisa segera digulirkan,’’ tuturnya.

Beberapa tim Liga 3 zona Jatim menyatakan siap dengan keputusan tersebut. Gresik United, misalnya. Melalui manajernya, Toriqi Fajerin, Gresik United menyatakan tidak ada masalah soal kewajiban vaksin tersebut bagi Kebo Giras. ’’Kami insya Allah siap untuk masalah vaksin pemain, ofisial, dan lainnya,’’ bebernya.

Saat ini, beberapa pemain dan ofisial sebenarnya sudah mendapatka­n vaksin. Dua dosis sesuai anjuran pemerintah. ’’Tapi, ada beberapa yang belum. Kami siapkan bersamaan,’’ ungkapnya.

Persida Sidoarjo juga sangat setuju dengan kewajiban vaksinasi. Sekretaris Askab PSSI Sidoarjo Suyitno menuturkan, keputusan dari Asprov PSSI Jatim soal vaksinasi itu tepat. Pihaknya juga sudah merancang program vaksinasi untuk skuad Persida. ’’Untuk ofisial sudah. Untuk pemain nunggu pemain lengkap dulu. Nanti akan melakukan vaksin melalui koordinasi dengan KONI Sidoarjo,’’ ujarnya.

PSM Madiun juga setuju dengan keputusan wajib vaksinasi. Pemilik PSM Nono Djati Kusumo menjelaska­n, karena kondisi pandemi seperti saat ini, sangat diharapkan semua yang ikut Liga 3 sudah divaksin. ’’Biar semua aman,’’ bebernya.

 ?? FARID S. MAULANA/JAWA POS ?? PERSIAPAN MATANG: Subangkit siap membawa Gresik United meraih prestasi di Liga 3 musim ini.
FARID S. MAULANA/JAWA POS PERSIAPAN MATANG: Subangkit siap membawa Gresik United meraih prestasi di Liga 3 musim ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia