Jawa Pos

Menu Makan Jadi Kunci Kebugaran

-

HARUS TETAP FIT: Para pemain Persebaya Surabaya melakukan pemanasan dipimpin pelatih fisik Muhammad Alimudin.

SURABAYA, Jawa Pos – Di tengah ketidakpas­tian jadwal kickoff Liga 1 musim 2021–2022, Persebaya Surabaya masih terus melakukan latihan. Hanya, intensitas­nya diturunkan. Fokus latihan taktikal pun harus diubah dengan mengombina­sikan latihan kebugaran bagi pemain.

Pelatih Persebaya Aji Santoso mengatakan, jika kickoff benar akan dilakukan akhir Agustus, skuadnya bakal terus melakukan latihan. ’’Tapi nanti kuantitasn­ya kami kurangi. Kami harus tetap menjaga performa pemain agar sampai di puncaknya saat kickoff nanti,’’ tuturnya.

Sejak latihan Senin lalu (12/7), Aji memang banyak mengombina­sikan latihantak­tikaldenga­nkebugaran melalui game internal. Pria asal Malangitut­etapingins­kuadnya punya sentuhan bola dan tetap mengerti bagaimana cara bermain Green Force.

Soal kebugaran juga, Rendi Irwan dkk tidak hanya dipantau saat latihan. Kembali ke mes ataupun rumah masing-masing, para pemain diberi menu makanan khusus agar bisa sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan. Chef yang selama ini bertugas memasak menu makanan tiap hari dipantau langsung oleh dokter tim Pratama Wicaksana.

Pria yang akrab disapa Tommy itu mengungkap­kan, pihaknya berkoordin­asi dengan tim pelatih dan koki tim soal menu makanan tersebut. ’’Tim medis meliputi fisioterap­is dan masseur juga men-support sesuai bidangnya,’’ paparnya.

Nah, kunci dari menu makanan adalah nutrisi. Tommy menjelaska­n, ketika pemain diberi latihan dengan intensitas tinggi, dia akan meminta koki membuat makanan yang sesuai kebutuhan pemain. Agar energi yang sudah keluar terganti oleh asupan bernilai gizi baik. Tommy mengaku beruntung skuad Persebaya punya koki berpengala­man. Menurut dia, koki yang saat ini bekerja dengan tim pernah menangani beberapa cabang olahraga lainnya. ’’Jadi, beliau juga sudah mengerti apa saja yang dibutuhkan di momen-momen tertentu,’’ ungkapnya.

TUNTUT KEPASTIAN: Candra Wahyudi tak mau situasi pahit musim lalu kembali terulang.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ??
ANGGER BONDAN/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia