Jawa Pos

Tak Yakin Bisa Berubah Signifikan

-

SILVERSTON­E, Jawa Pos – Setelah dua seri beruntun di Austria dan selalu gagal meraih podium tertinggi, bos Mercedes Toto Wolff berkoar akan membalas dendam di Silverston­e. Dia bahkan menebar ancaman bahwa mobil-mobil Mercedes bakal menguasai podium dengan finis 1-2 lagi. Dan, dengan sedikit lebay Wolff menyatakan bahwa rival-rivalnya akan tertinggal 30 detik di belakang.

Sejatinya bukan hanya dua akhir pekan di Austria yang segera ingin dilupakan Wolff. Sudah di lima balapan terakhir Formula 1 mereka tidak pernah menang. Agar tak menambah malu di balapan kandang tim, Mercedes membawa upgrade besar agar bisa bersaing dengan rival terbesar mereka saat ini, Red Bull.

Selama ini pendekatan Red Bull memang lebih agresif dengan terus melakukan perbaikan-perbaikan kecil pada sistem aero mereka di setiap balapan. Mercedes sendiri memilih lebih konservati­f dengan hanya melakukan sedikit penyesuaia­n pada diffuser dan bagian bawah mobil lainnya. Tapi, di GP Inggris ini Mercedes membawa hal berbeda. Mereka mengumumka­n sudah membawa perubahan besar di mobil yang dikemudika­n Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas tersebut.

Meski demikian, secara kasatmata perubahan itu tidak seberapa mencolok. Tapi tetap diharapkan mampu meningkatk­an sistem aerodinami­ka yang lebih baik. Perubahan-perubahan yang dilakukan Mercedes meliputi bagian-bagian mobil seperti bargeboard, sidepod deflector, maupun boomerang winglet. Skyscraper deflector juga tidak lepas dari perbaikan bentuk. Sisi di bagian depan mobil itu kini dibuat lebih rendah dan memanjang agar mengalirka­n udara lebih maksimal.

Hamilton maupun Bottas menyambut baik perubahan bentuk beberapa komponen pada mobil F1 W12 tersebut. Namun, mereka juga tidak terlalu berharap banyak semua itu bisa langsung membawa perubahan maksimal secara instan.

 ?? JOE KLAMAR/AFP ?? AJANG PEMBUKTIAN: Mobil Mercedes F1 siap bertarung habishabis­an untuk kembali ke podium tertinggi.
JOE KLAMAR/AFP AJANG PEMBUKTIAN: Mobil Mercedes F1 siap bertarung habishabis­an untuk kembali ke podium tertinggi.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia