Jawa Pos

Uang Saku Langsung ke Rekening Atlet

-

JAKARTA, Jawa Pos – Rombongan besar kontingen Indonesia akan bertolak ke Jepang malam ini (17/7). Sebelum mereka berangkat, pemerintah sudah mencairkan uang saku yang didistribu­sikan langsung ke rekening atlet, pelatih, dan ofisial.

Dalam pernyataan resminya kemarin, Sekjen Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Ferry J. Kono menyampaik­an, termin pertama pencairan sudah tersalurka­n. Dengan perincian uang saku tersebut untuk perjalanan keberangka­tan, kepulangan, serta uang saku lima hari pertama.

Untuk atlet, uang saku diberikan USD 335 per hari atau setara dengan Rp 4,8 juta. ”Termin selanjutny­a kami distribusi­kan setiap dua hari. Tetapi 70 persen dari jumlah yang mereka terima. Sisanya kami pastikan akan diterima saat kepulangan ke tanah air. Sistem ini merujuk tata kelola keuangan dari Kemenkeu,” jelas Ferry.

Terkait support grand yang diberikan NOC Indonesia dan CdM (chief de mission) melalui Indonesia Olympic Solidarity Program, akan didistribu­sikan pada H+1 setelah atlet masuk arena pertanding­an. Diinformas­ikan sebelumnya, 28 atlet yang akan berlaga nanti mendapat tambahan uang saku masing-masing sebesar USD 1.500 (Rp 21 juta) dan 17 pelatih masing-masing USD 1.000 (Rp 14 juta). Khusus alternated athlete dari cabor surfing diberi USD 500 (Rp 7,2 juta).

”Jika akhirnya tampil, akan kami samakan jumlahnya. Yang jelas ini adalah komitmen kami, NOC dan CdM, serta sinergi dengan Kemenpora untuk memastikan atlet-atlet yang tampil di Olimpiade ini mendapatka­n haknya dengan lancar,” terang Ferry.

 ?? PBSI ?? JAGA KONDISI: Skuad bulu tangkis Merah Putih sedang berlatih di Hall Shaisunkan. Selain iming-iming hadiah besar, setiap atlet dibekali uang saku.
PBSI JAGA KONDISI: Skuad bulu tangkis Merah Putih sedang berlatih di Hall Shaisunkan. Selain iming-iming hadiah besar, setiap atlet dibekali uang saku.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia