Jawa Pos

Bisa Konsultasi dengan Dokter 24 Jam

Secara Online, IDI Siapkan 13 Tenaga

-

GRESIK, Jawa Pos - Layanan posko PPKM darurat di kecamatan resmi dibuka. Kemarin (16/7) Bupati Fandi Akhmad Yani me-launching lima posko yang berlokasi di kecamatan. Masyarakat bisa berkonsult­asi online dengan dokter selama 24 jam.

Di posko tersebut, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Gresik memberikan bantuan konsultasi gratis selama 24 jam. Untuk mencakup itu, IDI saat ini telah menyiapkan 13 dokter untuk konsultasi online tersebut.

’’Kami akan koordinasi lebih jauh dengan pihak IDI, nanti nomor hotline-nya kami berikan ke setiap posko agar bisa diketahui masyarakat,” ucap Yani, sapaan Bupati Fandi Akhmad Yani.

Layanan itu, ungkap dia, berawal dari rasa keprihatin­an antara Pemerintah Kabupaten Gresik dan beberapa lembaga amil zakat (LAZ) Baznas Gresik, LazisNu, LazisMu, YDSF, Nurul Hayat, Yatim Mandiri, ACT, dan BMH. Pada pekan lalu, lanjut dia, pihaknya mengajak LAZ membicarak­an keadaan masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid pada masa PPKM darurat. ’’Lalu kami realisasik­an dengan berkoordin­asi untuk saling mendukung dan mendirikan posko,” katanya.

Untuk memperkuat mobilitas posko, Yani juga telah mengubah tiga mobil dinas untuk dijadikan ambulans. Pihaknya juga merekrut relawan, yakni relawan sosial, tenaga kesehatan, dan pemulasara­an jenazah. Tujuannya, memperkuat rumah sakit rujukan, puskesmas, dan rumah sakit lapangan di Gelora Joko Samudro (Gejos).

’’Kami bekerja sama dengan IDI Gresik dan Majelis Ulama Indonesia Gresik untuk melatih para relawan tentang pe)mulasaraan jenazah sesuai dengan standar kesehatan dan syariat Islam. Insya Allah, Senin bisa kami salurkan ke rumah sakit rujukan. Selain itu, kami akan melatih caracara evakuasi kepada satgas desa,” imbuh alumnus Universita­s Airlangga tersebut.

Sementara itu, Koordinato­r Posko Kebomas Zainal Abidin menjelaska­n bahwa posko dan tim di dalamnya sudah siap. Saat ini ada 6.100 paket sembako dan 4.000 paket obat-obatan yang sudah disiapkan di posko.

’’Kami selaku koordinato­r posko dan lembaga amil zakat juga menerima donasi dari para dermawan untuk mendukung kegiatan posko ini. Untuk sementara, kami sudah menerima bantuan dari DMI (Dewan Masjid Gresik) dan Ikapete (Ikatan Keluarga Alumni Pesantren Tebuireng) Gresik,” katanya.

Untuk pelayanan semua posko PPKM darurat Covid-19, Zainal menyatakan bahwa pihaknya tetap selalu akan berkoordin­asi dengan satgas Covid, kepala desa, dan camat setempat.

Posko tersebut meliputi posko I di kantor Kecamatan Kebomas yang wilayahnya meliputi Kecamatan Kebomas, Gresik, dan Manyar. Posko II di kantor Kecamatan Kedamean meliputi Kecamatan Kedamean, Menganti, Driyorejo, dan Wringinano­m. Posko III di kantor Kecamatan Cerme meliputi Kecamatan Cerme, Duduksampe­yan, Balongpang­gang, dan Benjeng. Posko IV di kantor Kecamatan Sidayu meliputi Kecamatan Sidayu, Bungah, Ujungpangk­ah, Dukun, dan Panceng.

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? CAKUP SEMUA WILAYAH: Bupati Fandi Akhmad Yani membuka posko PPKM darurat di Kecamatan Kebomas kemarin siang.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS CAKUP SEMUA WILAYAH: Bupati Fandi Akhmad Yani membuka posko PPKM darurat di Kecamatan Kebomas kemarin siang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia