Jawa Pos

HEI, KAMI KEMBALI

Menanti Aksi VvDZaniolo

-

LIVERPOOL, Jawa Pos – Tanpa Virgil van Dijk, Liverpool FC (LFC) musim lalu seperti kehilangan separo kekuatanny­a. Selain gagal mempertaha­nkan mahkota Premier League, gawang LFC pun sangat mudah dibobol. Total, 42 gol bersarang ke gawang Liverpool di Premier League musim lalu. Bandingkan dengan saat merebut mahkota juara Premier League dua musim lalu yang hanya kemasukan 33 gol.

Nah, pemandanga­n dalam training camp di Salzburg, Austria, kemarin WIB (17/7) sudah mampu menyiratka­n optimisme Kopites (sebutan fans LFC). Mereka yakin timnya bisa meramaikan rivalitas papan atas musim 2021–2022. ”Kami akhirnya bisa mendengar lagi suara Virg (sapaan akrab Van Dijk, Red) mengatur dan memimpin barisan pertahanan. Itu yang paling menarik dari kamp ini,” ungkap asisten pelatih LFC Pep Lijnders sebagaiman­a dikutip laman Liverpool Echo.

Maklum, sesi pemusatan latihan dalam rangka pramusim LFC di Salzburg ini adalah kali pertama VvD (singkatan nama Virgil van Dijk) berlatih bersama rekan-rekannya. Tak lagi berlatih sendiri seperti saat menjalani masa pemulihan pascaceder­a anterior cruciate ligament (ACL) kanan. Kemarin dia langsung melakoni sesi latihan game yang dipandu der trainer Juergen Klopp.

Sebelumnya alias 272 hari yang lalu kapten timnas Belanda tersebut harus naik meja operasi. Gara-gara pelanggara­n keras kiper Everton Jordan Pickford saat Merseyside Derby pada matchweek kelima Premier League, VvD kehilangan kesempatan mainnya musim lalu. Dia telah menjalani operasi dua pekan setelah insiden di Goodison Park itu.

Lijnders menyebutka­n, comeback VvD kali ini banyak membantu proses adaptasi salah seorang pemain belakangny­a, Ibrahima Konate. Ibou (panggilan akrabnya) didatangka­n LFC dari RB Leipzig senilai GBP 36 juta (Rp 718,6 miliar). ”Dia (Konate) bisa belajar dan mendengark­an langsung instruksi dari Virg. Itu yang akan membuatnya makin matang,” sambungnya.

Kolega VvD pun senang dengan atmosfer latihan di Salzburg. ”Kami sudah lama menanti momen-momen seperti ini bersama Virg,” sebut bek tengah LFC Joel Matip dalam wawancaran­ya dengan laman resmi klub. ”Dia banyak tertawa. Dia sosok pria yang hebat dan mampu membawa hal-hal yang positif ke dalam tim kami,” sambung Matip yang juga jadi model kostum anyar LFC bersama Van Dijk.

Matip ataupun Ibou bisa menjadi calon pendamping Van Dijk di jantung pertahanan LFC musim ini. Sangat mungkin Klopp akan menjajal Van Dijk dalam laga pertamanya saat beruji coba menghadapi mantan klub asuhannya, FSV Mainz 05. Uji coba berlangsun­g di Stadio Das Goldberg, Groedig, Jumat (23/7) petang WIB mendatang.

Itu yang membedakan antara Van Dijk dan gelandang AS Roma Nicolo Zaniolo. Keduanya sama-sama mengalami cedera ACL. Niko (panggilan akrab Nicolo Zaniolo) mengalami cedera ACL kiri saat membela timnas Italia menghadapi Belanda di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, pada laga UEFA Nations League 8 September 2020. Uniknya, Zaniolo saat itu juga 42 menit head-to-head dengan Van Dijk sebelum terkapar.

Attacking midfielder 22 tahun tersebut sudah langsung menunjukka­n aksinya setelah lebih dari 300 hari bergulat dengan operasi sampai pemulihan pascaopera­si. Dia bahkan langsung nyeteldi laga uji coba melawan klub amatir AD Valdinievo­le Montecatin­i pada Jumat (16/7) dini hari kemarin WIB.

Menariknya, di balik victory skuad Il Lupi (julukan Roma) tersebut, Zaniolo menyumbang­kan satu dari sepuluh gol tanpa bala situ. Dia langsung bisa mencuri perhatian allenatore anyar Roma Jose Mourinho. The Special One (julukan Mourinho) juga langsung memercayak­an ban kapten kepada Zaniolo.

Dikutip dari laman Forza Roma, Zaniolo menganggap momen itu yang paling membahagia­kan dirinya. ”Saya kurang lebih sudah sepuluh bulan tak menyentuh bola. Tak merasakan atmosfer pertanding­an seperti ini. Setelah semua pengorbana­n selama cedera, saya ingin musim ini bisa langsung kembali melesat,” harap Zaniolo.

 ?? PAUL ELLIS /AFP FIREDEMANN VOGEL/AFP PHOTO ?? SUDAH PULIH: Virgil van Dijk (kiri) dan Nicolo Zaniolo siap menyongson­g musim 2021–2022 karena kondisinya sudah membaik.
PAUL ELLIS /AFP FIREDEMANN VOGEL/AFP PHOTO SUDAH PULIH: Virgil van Dijk (kiri) dan Nicolo Zaniolo siap menyongson­g musim 2021–2022 karena kondisinya sudah membaik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia