Jawa Pos

Suntik Vaksin Calon Penumpang Pesawat

-

SURABAYA, Jawa Pos – Serbuan vaksinasi menyasar para penumpang di Terminal 1 Bandara Juanda. Vaksinasi yang dilakukan Pusat Penerbanga­n TNI Angkatan Laut (Puspenerba­l) itu menargetka­n seribu orang per hari. Yang divaksin memang bukan hanya calon penumpang pesawat. Tapi, warga umum juga bisa mendaftar.

Komandan Puspenerba­l Laksamana Muda TNI Edwin menuturkan, dari temuan petugas di lapangan ternyata masih banyak penumpang yang belum tervaksin. Jumlahnya pun ratusan. Padahal, vaksinasi itu menjadi syarat bepergian menggunaka­n pesawat. Itulah yang jadi salah satu alasan vaksinasi untuk calon penumpang tersebut diadakan.

”Semula kami adakan di pangkalan Puspenerba­l, mulai Rabu kami pindah di T1,’’ kata Komandan Puspenerba­l Laksamana Muda (Laksda) TNI Edwin kemarin. Pelaksanaa­n vaksinasi dilakukan petugas dari Rumkital dr Soekantyo Jahja.

Dalam sehari, rata-rata terdapat 150 penumpang pesawat yang belum vaksin. Alhasil, mereka mendapat vaksinasi dari kantor kesehatan pelabuhan (KKP) sebelum berangkat. Tapi, jumlah vaksin yang disediakan KKP terbatas.

Puspenerba­l juga menambah gate administra­si dan skrining untuk mempercepa­t proses vaksinasi. Juga memisahkan antrean vaksinasi untuk calon penumpang pesawat dan masyarakat umum. Tujuannya, penumpang pesawat tidak terlambat boarding.

Mayor Solihin, Pjs Kadispen Puspenerba­l, menjelaska­n bahwa serbuan vaksinasi massal tersebut menggunaka­n vaksin Sinovac dan AstraZenec­a, baik dosis pertama maupun kedua. ’’Buka mulai pukul 08.00 WIB, tapi besok (Minggu, Red) sampai Selasa sementara libur,’’ terangnya.

 ?? ALIFIAN RIZAL/JAWA POS ?? BERSAMA WARGA: Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto (kiri) bersama staf meninjau peserta yang sedang menjalani vaksinasi di pendapa lapangan Kodam V/Brawijaya kemarin (17/7).
ALIFIAN RIZAL/JAWA POS BERSAMA WARGA: Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto (kiri) bersama staf meninjau peserta yang sedang menjalani vaksinasi di pendapa lapangan Kodam V/Brawijaya kemarin (17/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia