Jawa Pos

Sehari 1.300 Orang Daftar Imunisasi

-

SURABAYA, Jawa Pos – Program serbuan vaksinasi yang digelar TNIAL terus bergulir. Kemarin (17/7) dan hari ini (18/7) vaksinasi itu berlangsun­g di kawasan niaga Jalajaya yang tak jauh dari Jembatan Petekan. Dalam sehari, ditargetka­n bisa seribu orang yang mendapatka­n suntik vaksin.

Antusiasme masyarakat untuk mengikuti program yang diselengga­rakan Komando Armada (Koarmada) II TNI-AL itu cukup tinggi. Hal tersebut terlihat dari antrean peserta yang mendaftar sejak pagi. ”Kami bersyukur karena masyarakat cukup antusias. Yang daftar sudah sekitar 1.300 orang,” kata Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto setelah meninjau kegiatan tersebut kemarin.

Warga yang ingin mendaftar untuk mengikuti vaksinasi tersebut masih memungkink­an pada hari ini. Tapi, semua bergantung pada ketersedia­an vaksin.

Lebih lanjut, Iwan menjelaska­n bahwa vaksinasi yang digelar Koarmada

II tidak saja berpusat di Surabaya. Tapi, kegiatan itu juga digelar di beberapa kota di luar Jawa. Misalnya, Kupang dan Makassar.

Sasaran vaksinasi tersebut memang masyarakat maritim dan pekerja pelabuhan. Sebab, sektor maritim tidak saja penopang perekonomi­an. Namun, juga bisa menjadi salah satu pintu masuk persebaran virus. Iwan mengingatk­an agar masyarakat tak lengah meski sudah divaksin. Mereka harus tetap mematuhi protokol kesehatan. ”Harus tetap pakai masker dan jaga jarak,” jelas Iwan.

Vaksinasi di markas Koarmada II TNI-AL itu melibatkan 50 vaksinator. Mereka berasal dari berbagai instansi. Selain dari Dinas Kesehatan Koarmada II, ada juga yang merupakan mahasiswa Stikes Hang Tuah Surabaya.

Program serbuan vaksinasi yang diadakan Koarmada II itu telah berlangsun­g dalam tiga pekan terakhir secara bertahap. Data terakhir, 79.033 orang sudah mengikuti vaksinasi Covid-19 tersebut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia