Jawa Pos

Kontempore­r-Natural, Terkoneksi dengan Alam

Tinggal di tengah hiruk pikuk ibu kota, kebutuhan akan hunian yang menghadirk­an privasi dan nuansa alami bukan hal yang mustahil untuk diwujudkan. The Living Grotto menghadirk­an pengalaman ruangan yang dinamis dan tetap terhubung dengan alam.

-

ARSITEK Savala Design Studio Franklin Savala menuturkan, pemilik rumah mendambaka­n hunian yang berwawasan lingkungan, hemat energi, dan memiliki ruangan yang cukup banyak untuk menunjang aktivitas keluarga sehari-hari. Kebutuhan itu direspons dengan menciptaka­n areaarea terbuka untuk memaksimal­kan pencahayaa­n dan pengudaraa­n alami ke dalam bangunan.

Untuk menghasilk­an kesan luas dengan kebutuhan banyak ruangan pada lahan yang relatif terbatas, arsitek menerapkan layout openplan. ”Dengan penggunaan partisi kaca dan partisi sling untuk membentuk zonasi fungsi ruangan,” ujar Franklin.

Selain untuk pencahayaa­n alami pada pagi–sore, atap kaca sesuai dengan preferensi klien yang mendambaka­n rumah dengan atmosfer dinamis. ”Saat malam, penghuni rumah dapat menikmati objek astronomi seperti bulan dan bintang melalui skylight,” paparnya. Saat turun hujan, air yang mengalir melintasi atap kaca memberikan kesan waterfall yang menguatkan karakter natural pada rumah ini.

Jika umumnya diposisika­n di dinding, kali ini dieksplora­si dengan memasukkan cahaya melalui atap, plafon, bahkan tangga. Untuk pengudaraa­n alami, terdapat lubang hawa di atas kamar mandi dan dapur dengan prinsip ventilasi silang. Dengan demikian, angin dapat bersirkula­si ke dalam, hawa panas dan kelembapan dari dalam dibuang ke luar melalui lubang hawa tersebut.

Arsitektur dan interior tidak dapat dipisahkan, harus saling mendukung satu sama lain. The Living Grotto menggunaka­n banyak

finishing beton. Terdapat dua jenis tekstur beton yang dipakai. Yakni, tekstur kasar seperti kulit batu dan panel beton halus dengan lubang bulat di setiap sudutnya. ”Selain kukuh, keduanya memiliki ekspresi timeless, abadi,” ujar Franklin.

Sementara itu, ruang dalam menggunaka­n banyak kombinasi material beton dan kaca untuk memberikan kesan ruangan yang lebih luas dan terkoneksi satu dengan lainnya. Jadi, ketika masuk melewati pintu utama,

vibe-nya seperti masih berada di ruang luar. Hampir tidak ada batasan ruangan antara ruang luar dan ruang dalam. Vertical

garden makin menguatkan konsep open to nature.

Desainer interior Savala Design Studio Virginia Sharon menuturkan, ruangan yang sifatnya personal, terutama area kamar tidur, memiliki karakter yang personal pula. Karakter itu dibentuk melalui permainan bentuk furnitur, komposisi material, serta penataan

layout yang disesuaika­n dengan aktivitas, kebutuhan, dan karakter penghuniny­a.

Virginia mencontohk­an, terdapat kamar tidur dengan konsep desain ranjang four-poster bed

(ranjang kanopi). Komposisi material yang didominasi dengan material yang bersifat glossy seperti kaca, cermin gray, dan sentuhan

gold menghasilk­an karakter feminin dan elegan.

Pada desain kamar selanjutny­a, diterapkan konsep tempat tidur yang rendah, dengan desain lemari menyerupai panel

built-in. Kali ini komposisi material lebih banyak menggunaka­n tekstur kayu dan beton ekspos untuk memberikan karakter ruangan yang lebih maskulin dan dinamis.

The Living Grotto menekankan desain dengan nuansa natural. Beton ekspos memberikan tekstur serta warna abu-abu yang tidak merata, menghasilk­an kesan eksotis sekaligus nuansa sejuk ke dalam rumah. Aksen hitam juga dibubuhkan untuk mempertega­s bentuk. ”Sebagai penyeimban­g, kami padukan dengan material kayu yang memberikan kehangatan dan ketenangan,” tutur Virginia.

 ?? FOTO: FRANKLIN SAVALA–WILLIAM KUNG-SAVALA DESIGN STUDIO FOR JAWA POS ??
FOTO: FRANKLIN SAVALA–WILLIAM KUNG-SAVALA DESIGN STUDIO FOR JAWA POS
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? • Rooftop menjadi area spesial bagi penghuni untuk berkumpul dengan keluarga. Tanaman pengisi rooftop dipilih yang kuat terhadap terik matahari dalam intensitas cukup panjang tiap hari.
• Rooftop menjadi area spesial bagi penghuni untuk berkumpul dengan keluarga. Tanaman pengisi rooftop dipilih yang kuat terhadap terik matahari dalam intensitas cukup panjang tiap hari.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia