Jawa Pos

Genjot Ekosistem Kendaraan Listrik

-

PEMERINTAH terus mendukung pengembang­an kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB). Melalui Kementeria­n Perindustr­ian (Kemenperin), pemerintah pusat berusaha mewujudkan ekosistem industri mobil dan sepeda motor listrik. Mulai penyebaran stasiun pengisian kendaraan listrik (SPKL), pusat penelitian komponen, hingga penanganan limbah industriny­a.

”Industrial­isasi KBLBB telah membentuk ekosistem yang cukup lengkap. Penyiapan infrastruk­tur mulai bergerak untuk menjadi sektor unggulan,” ungkap Menteri Perindustr­ian Agus Gumiwang Kartasasmi­ta kemarin (18/7). Kemenperin pun berupaya mengaksele­rasi industri yang ramah lingkungan tersebut.

Kepala Pusat Optimalisa­si Pemanfaata­n Teknologi Industri dan Kebijakan Jasa Industri

Kemenperin Heru Kustanto menyatakan, penelitian terkait dengan baterai dan infrastruk­tur pengisian listrik juga terus berkembang. Sesuai dengan yang tertulis dalam prioritas riset nasional (PRN).

Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T), menurut Heru, berhasil menciptaka­n baterai untuk sepeda motor listrik dalam bentuk pouch alias kantong. ”Dari sisi penggerak, BBLM telah melakukan retrofitti­ng motor listrik sebagai dapur pacu kendaraan listrik,” ujarnya.

Terkait dengan limbah yang kini menjadi perhatian, Heru mengungkap­kan bahwa Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri (BBTPPI) Semarang sedang meneliti peluang recycle. Saat ini lembaga tersebut meriset circular economy baterai kendaraan listrik. Harapannya, baterai bekas bisa dimanfaatk­an lagi. Kementeria­n juga sedang meneliti stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) untuk sepeda motor listrik.

Sementara itu, Direktur PT Bangun Sentosa Jaya Prakarsa (BSJP) Jonatha Surya menyebut Indonesia relatif lamban mengimplem­entasikan teknologi kendaraan listrik. Karena itu, pemerintah berperan penting mewujudkan­nya. Baik dari sisi penyiapan infrastruk­tur maupun stimulus bagi pelaku industri.

 ?? FEDRIK TARIGAN/JAWA POS ?? Agus Gumiwang Kartasasmi­ta
FEDRIK TARIGAN/JAWA POS Agus Gumiwang Kartasasmi­ta

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia