Jawa Pos

Pasien Isoman Bisa Nikmati Layanan Isi Ulang Oksigen Gratis

Layanan isi ulang tabung oksigen di halaman Dinas Perhubunga­n (Dishub) Provinsi Jatim diresmikan pada Sabtu (17/7). Layanan refill oksigen itu dikhususka­n bagi masyarakat Jatim yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) Covid-19 atau ambulans yang keh

- ALFIAN RIZAL/JAWA POS

GUBERNUR Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara khusus meresmikan depo isi ulang oksigen gratis. Secara simbolis, dia juga mengisi ulang oksigen dan menyerahka­n tabung yang sudah full kepada masyarakat yang mengajukan.

Pada hari pertama, antusiasme warga Jatim yang isoman untuk mendapatka­n oksigen gratis terbilang besar. Saat peresmian, sudah ada sekitar 25 orang yang memanfaatk­an layanan tersebut.

Khofifah menyampaik­an, saat ini yang beroperasi memang di Dishub Jatim. Nanti menyusul peresmian depo isi ulang oksigen di Samsat Sidoarjo, dan lusa diresmikan untuk depo isi ulang oksigen di Samsat Gresik.

’’Kami bagikan gratis untuk masyarakat yang sedang isoman serta ambulans yang butuh isi ulang oksigen. Untuk RS, sudah ada sistemnya sendiri. Kami siapkan aplikasi dan call center. Jadi, silakan bawa tabung oksigen kosongnya dan bisa mendaftar. Layanan ini 24 jam,’’ tegas Khofifah.

Per hari, tiap depo distok 500 meter kubik oksigen. Setiap orang diperboleh­kan mengisi sampai dua kali. Jika kebutuhan masyarakat lebih dari kuota 500 meter kubik, Pemprov Jatim siap menambah. Sebab, stok oksigen masih sangat cukup.

’’Stoknya sangat cukup. Kami juga akan buka di halaman Samsat Sidoarjo. Lusa di Gresik dengan kapasitas yang sama. Per titik ini, 500 meter kubik untuk 500 silinder. Kalau tidak cukup, akan kami tambah,’’ terangnya.

Khofifah tengah melakukan pengkajian untuk membuka titik serupa di kabupaten/kota lain. Sebab, beberapa daerah juga sudah mengajukan.

Khofifah pun berterima kasih kepada pihak-pihak yang membantu penyediaan oksigen di Jatim. Salah satunya, aliansi BUMN di Jawa Timur. Bahkan, ada CSR dalam bentuk pemberian oksigen secara kontinu. ’’Namun, ada satu kendala.

Yakni, orang yang memiliki skill untuk isi ulang. Bagi kabupaten atau kota yang sudah mengajukan, kami sedang koordinasi di tim teknis yang punya skill sesuai SOP isi ulang,’’ imbuh Khofifah.

Lakukan Pendaftara­n secara Online

Untuk layanan oksigen gratis, warga bisa mendaftar secara online di http:// infocovid1­9.jatimprov.go.id/. Di website itu ada form refill oksigen gratis. Warga diharuskan mengisi nama, NIK, alamat domisili, dan mengunggah hasil tes PCR atau antigen. Di website itu juga ada pilihan tempat dan waktu pengambila­n oksigen agar tidak terjadi antrean.

Warga juga dapat menghubung­i call center 1500117. Petugas akan menginfoka­n pukul berapa warga bisa mengambil refill oksigen ke lokasi yang ditentukan.

Banyak warga yang sudah memanfaatk­an layanan tersebut. Misalnya, Marta, warga Kecamatan Pabean Cantian, Surabaya. Dia memanfaatk­an layanan oksigen gratis untuk ibunya yang sudah isoman 10 hari. Menurut dia, layanan itu sangat meringanka­n masyarakat. ’’Alhamdulil­lah, layanan ini sangat bermanfaat. Saya tiap hari bisa isi 2–3 tabung untuk mama saya. Kalau di luar, biasanya baru buka jam 10 pagi. Itu pun antre,’’ katanya.

Isi ulang tabung untuk ukuran 1,5 meter kubik biasanya dihargai Rp 50 ribu. Marta biasa mengisi tabung tiga kali sehari atau menghabisk­an sekitar Rp 160 ribu. Karena itu, dia berterima kasih kepada Pemprov Jatim yang telah membuka depo isi ulang tabung oksigen gratis. ’’Terima kasih Ibu Gubernur, dengan begini kami pun tenang. Karena stok pasti ada dan sewaktu-waktu bisa isi ulang,’’ tuturnya.

Agnes Heppy, warga Sidoarjo, juga merasa terbantu dengan layanan tersebut. ’’Saat ini susah cari oksigen. Di apotek dan di mana-mana nggak ada. Selain itu, di tempat lain kan bayar,’’ ucapnya.

Warga lain, Husni Marsha Aulia, menyebut layanan oksigen gratis itu dapat menghemat pengeluara­n keluargany­a. ’’Biasanya habis Rp 250 ribu–Rp 300 ribu per hari. Kalau ada gratis seperti ini, lumayan membantu,’’ ungkap Husni, sangat bersyukur.

 ?? BPBD JATIM FOR JAWA POS ?? AYO MANFAATKAN: Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa secara khusus meresmikan depo isi ulang tabung oksigen gratis pada Sabtu (17/7). Per hari, tiap depo distok 500 meter kubik oksigen. Setiap orang diperboleh­kan mengisi sampai dua kali.
BPBD JATIM FOR JAWA POS AYO MANFAATKAN: Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa secara khusus meresmikan depo isi ulang tabung oksigen gratis pada Sabtu (17/7). Per hari, tiap depo distok 500 meter kubik oksigen. Setiap orang diperboleh­kan mengisi sampai dua kali.
 ?? BPBD JATIM FOR JAWA POS ?? RINGANKAN MASYARAKAT: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahka­n paket vitamin kepada warga yang telah mengisi oksigen gratis di halaman Kantor Dishub Jatim, Sabtu (17/7).
BPBD JATIM FOR JAWA POS RINGANKAN MASYARAKAT: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahka­n paket vitamin kepada warga yang telah mengisi oksigen gratis di halaman Kantor Dishub Jatim, Sabtu (17/7).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia