Jawa Pos

5 Juta Sanksi Selama PPKM Darurat

-

SURABAYA, Jawa Pos – Data ini bisa menjadi gambaran tingkat kepatuhan selama pelaksanaa­n PPKM darurat. Hingga akhir pekan lalu, aparat gabungan di wilayah Jatim menemukan sekitar 5,1 juta pelanggara­n.

Semua pelanggara­n tersebut berujung pemberian sanksi. Terbanyak, petugas memberikan teguran (total ada 4,5 juta pelanggara­n). Sementara itu, 600 ribu lebih pelanggar menjalani sanksi berupa kerja sosial. Petugas gabungan juga memberlaku­kan denda.

Hingga kemarin, pelanggara­npelanggar­an masih berlangsun­g. Di exit toll Pandaan, polisi memaksa konvoi 19 mobil mewah untuk putar balik. ”Tujuannya, mau makan bersama di salah satu restoran di Pandaan,” kata Kapolres Pasuruan AKBP Erick Frendriz didampingi Kasatlanta­s AKP

Andhika Mizaldy Lubis.

Di Magetan, aparat gabungan merazia sejumlah sentra kuliner di wilayah kota.

Hasilnya, masih banyak ditemukan pelanggara­n. Terutama adanya kerumunan. Pelanggara­n serupa juga banyak ditemukan di daerah lain.

Di sisi lain, Gubernur Khofifah menegaskan bahwa PPKM darurat bakal kembali diberlakuk­an hingga akhir Juli nanti. Orang nomor satu di Jatim itu berharap penindakan pelanggara­n nanti dilakukan lebih humanis. ”Sikap humanis kepada masyarakat tidak boleh dikesampin­gkan,’’ ungkap dia.

Khofifah menegaskan, PPKM darurat bertujuan menekan persebaran Covid-19. Kebijakan tersebut tidak akan sukses tanpa dukungan masyarakat. ”Karena itu, partisipas­i masyarakat untuk menaati aturan sangat dibutuhkan. Kurangi mobilitas serta terapkan protokol kesehatan,’’ ucapnya.

 ?? JAWA POS RADAR BROMO: ?? PUTAR BALIK: Petugas memaksa konvoi mobil mewah yang keluar dari exit toll Pandaan untuk kembali putar balik.
JAWA POS RADAR BROMO: PUTAR BALIK: Petugas memaksa konvoi mobil mewah yang keluar dari exit toll Pandaan untuk kembali putar balik.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia