Jawa Pos

Rekrut Pelatih Asing, Bidik Lima Besar

-

Simon Elissetche

SURABAYA, Jawa Pos – PSPS Riau menatap Liga 2 2021 dengan serius. Selain sudah melunasi tunggakan gaji 20 pemain pada 2018 dan masih proses pelunasan untuk 4 pemain musim lalu, tim berjuluk Laskar Askar Bertuah tersebut serius dalam membangun tim musim ini.

Untuk posisi pelatih kepala, walau standar dari PT LIB untuk pelatih Liga 2 hanya lisensi A AFC, PSPS justru merekrut pelatih asing berlisensi A Pro AFC. Yaitu, Simon Elissetche.

Sekretaris PSPS Muhammad Teza Taufik mengatakan, pelatih asal Cile itu dipilih dari sekian kandidat yang masuk ke manajemen. Alasannya pun sederhana. Sang presiden klub, Norizam Tukiman, ingin PSPS punya pelatih berstandar tinggi. ”Karena itu, kami memilih yang berlisensi A Pro AFC,” jelasnya. ”Ada dua kandidat pelatih lokal yang juga berlisensi A Pro AFC. Tapi, bos ingin pelatih asing. Kebetulan Simon satusatuny­a yang mendaftar,” lanjutnya.

Selain punya lisensi tinggi, prestasi Simon mentereng. Kali terakhir dia berhasil membawa klub asal Timor Leste Lalenok FC meraih juara. Pelatih berusia 43 tahun itu juga punya pengalaman di sepak bola Indonesia karena sebelumnya menangani Persita Tangerang, PSSB Bireuen, Persikutim Kutai Timur, hingga Aceh United.

Simon dikontrak semusim dengan opsi perpanjang­an. ”Simon akan dibantu pelatih lokal asli Riau pemegang lisensi B AFC Miskardi dan pelatih kiper berlisensi level 1 goalkeeper AFC Meika Suwasdika yang merupakan eks pelatih kiper di Persita dan Pra-PON DKI 2019,” ungkapnya.

Dengan hadirnya Simon, target PSPS di Liga 2 memang tidak muluk-muluk. Tidak langsung harus promosi ke Liga 1. ”Presiden Zam menargetka­n masuk top five untuk musim pertama ini,” bebernya.

 ?? INSTAGRAM PSPS PEKANBARU ??
INSTAGRAM PSPS PEKANBARU

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia