Jawa Pos

Vaksin Booster, Siap Bentengi Nakes

-

KEMENTERIA­N Kesehatan telah memulai penyuntika­n vaksin booster untuk tenaga kesehatan dengan menggunaka­n vaksin Moderna. Proses itu ditinjau langsung Menkes Budi Gunadi Sadikin dan Wamenkes dr Dante Saksono Harbuwono. Sebanyak 50 guru besar Fakultas Kedokteran Universita­s Indonesia (FKUI) dan sejumlah dokter mendapatka­n vaksinasi pertama vaksin Moderna di RSU Pusat Nasional dr Cipto Mangunkusu­mo (RSCM) Jakarta pada Jumat (16/7).

Menurut Budi, hal itu dilakukan agar dapat diikuti nakes lain tanpa ragu. Jika para nakes senior yakin bisa menerima vaksin booster atau vaksin ketiga dengan Moderna, seharusnya para junior dan murid-murid bisa segera mengikuti. Dia berharap para nakes dapat diberi booster agar lebih terlindung­i dan lebih tenang saat bekerja.

Guru Besar FKUI Prof Aman Pulungan yang merupakan salah seorang penerima Moderna mengaku tidak merasakan efek apa pun setelah diberi vaksin booster itu. Dia yakin vaksin Moderna dapat meningkatk­an imunitas tubuh. ”Saya sangat yakin dengan vaksin Moderna. (Vaksinasi, Red) yang pertama dan kedua itu dengan Sinovac, platformny­a inactivate­d virus. Kalau ini, pakai Moderna dengan platform berbeda. Jadi, saya rasa ini yang paling baik,” tuturnya.

Aman pun mengimbau seluruh nakes untuk segera menjalani vaksinasi ketiga.

Menghadapi varian Delta membutuhka­n imunitas yang kuat, terutama saat menangani pasien positif Covid-19 secara langsung. ”Jadi, saya sarankan seluruh nakes jangan ragu-ragu untuk sesegera mungkin, kalau ada kesempatan, dapat diimunisas­i yang ketiga,” ungkap Prof Aman.

 ?? Setpres ?? HARAPAN BARU: Minggu (11/7) tiba 3 juta dosis vaksin Covid-19 Moderna dalam bentuk jadi melalui Bandara Soekarno-Hatta. Vaksin ini merupakan dukungan kerja sama dari pemerintah Amerika Serikat (AS) dengan skema berbagi dosis vaksin.
Setpres HARAPAN BARU: Minggu (11/7) tiba 3 juta dosis vaksin Covid-19 Moderna dalam bentuk jadi melalui Bandara Soekarno-Hatta. Vaksin ini merupakan dukungan kerja sama dari pemerintah Amerika Serikat (AS) dengan skema berbagi dosis vaksin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia