Jawa Pos

Sudah 207 Pelanggar PPKM Dibawa ke TPU Keputih

-

SURABAYA, Jawa Pos – Masih ada saja warga yang melanggar regulasi PPKM darurat. Sabtu malam (17/7) ada 64 orang yang terjaring razia dan dibawa ke TPU Keputih untuk merenungka­n pelanggara­nnya.

Razia jam malam itu melibatkan petugas gabungan dari BPB linmas, satpol PP, dinas sosial (dinsos), TNI, Polri, serta dibantu relawan Surabaya Memanggil. Mereka disebar di 31 kecamatan. Sasarannya warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan (prokes) serta jam malam.

Di Tambaksari, petugas menemukan tujuh orang cangkruk di warkop. Di

Sawahan ada tiga orang yang terjaring razia. ”Langsung bawa ke TPU Keputih,” tutur Camat Sawahan M. Yunus.

Pelanggar paling banyak terjaring di wilayah Dukuh Pakis. Total ada 17 orang yang ditindak. Di Jambangan ada 10 orang yang disanksi. Berdasar pendataan akhir, 64 orang terjaring razia. Setelah mendapat pengarahan, para pelanggar itu diangkut dengan menggunaka­n bus sekolah menuju pemakaman pasien Covid-19 di TPU Keputih.

Waktu hampir dini hari saat para pelanggar tersebut sampai di Keputih. Pelanggar diajak berkelilin­g tempat untuk mengamati aktivitas petugas. Tour of duty itu dimulai dengan melihat petugas yang tengah sibuk bekerja di krematoriu­m hingga kuburan pasien Covid-19.

Kasatpol PP Eddy Christijan­to menjelaska­n, sejak PPKM darurat berjalan, pemkot menerapkan sanksi bagi pelanggar. Bukan hanya hukuman administra­tif, sanksi sosial juga diterapkan. ”Tujuan tour of duty ini menggugah warga agar mematuhi aturan,” paparnya.

Dari data satpol PP, total sudah ada 207 orang yang dibawa ke Keputih. Mayoritas pedagang serta warga yang melanggar aturan jam malam.

Eddy menambahka­n, saat razia jam malam itu petugas tidak asal melakukan penertiban. Sebelum jam malam, tim gabungan berkelilin­g. ”Kami terus sosialisas­i PPKM darurat serta membagikan paket bantuan,” ujarnya.

Wujud bantuan yang diberikan beragam. Yakni, beras, minyak goreng, dan telur. Dengan cara itu, pemkot berupaya membantu perekonomi­an warga. ”Membangkit­kan ekonomi merupakan tugas pemkot,” kata mantan Kabag pemerintah­an tersebut.

 ?? ROHMAT DARMAWAN FOR JAWA POS ?? BIAR JERA: Satpol PP Kota Surabaya sedang menanyai pelanggar yang terjaring razia jam malam dan aturan PPKM darurat Sabtu (17/7). Mereka dibawa dengan bus ke TPU Keputih pada dini hari untuk melihat langsung kuburan pasien Covid-19.
ROHMAT DARMAWAN FOR JAWA POS BIAR JERA: Satpol PP Kota Surabaya sedang menanyai pelanggar yang terjaring razia jam malam dan aturan PPKM darurat Sabtu (17/7). Mereka dibawa dengan bus ke TPU Keputih pada dini hari untuk melihat langsung kuburan pasien Covid-19.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia