Jawa Pos

Anak Muda Gotong Royong Bantu Warga Isoman

-

SURABAYA, Jawa Pos – Anak-anak muda tak berpangku tangan dalam situasi pandemi Covid-19. Mereka juga ikut membantu sebisa-bisanya untuk meringanka­n warga yang sedang isolasi mandiri (isoman) dengan penyaluran bantuan. Itulah yang dilakoni Garda Muda Bibit Unggul (GMBU) Kota Surabaya dalam beberapa hari terakhir.

Mereka blusukan ke beberapa kecamatan. Antara lain, Sukomanung­gal, Krembangan, Kenjeran, Tambaksari, Sambikerep, Sawahan, Mulyorejo, Tegalsari, dan Wonocolo. Mereka bekerja sama dengan Lions Club dalam menyalurka­n bantuan ke warga. ”Lions Club yang menggalang bantuan dan dirupakan paket makanan, kami yang menyalurka­n,” ujar Ketua GMBU Kota Surabaya Bagas Abiyu kemarin (18/7).

Menurut Bagas, pemerintah tidak bisa berjalan sendiri dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini. Partisipas­i masyarakat sangat dibutuhkan. Apalagi, banyak warga yang sedang menjalani isoman yang belum tersentuh bantuan. ”Kami sebagai bagian dari generasi muda Kota Surabaya tidak boleh diam. Harus ikut turun untuk membantu pemerintah yang saat ini kewalahan menghadapi virus korona,” kata Bagas.

Pemuda 22 tahun itu mengatakan, banyak anggotanya yang berpartisi­pasi dalam kegiatan tersebut. Menurut Bagas, penanganan Covid-19 merupakan tanggung jawab bersama. ”Sak apik-apike pemerintah gawe kebijakan, kalau tidak didukung oleh masyarakat, sama saja,” tuturnya.

Karena itu, kegiatan yang bakal berlangsun­g selama pemberlaku­an pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat itu sebagai bentuk partisipas­inya dalam melawan virus korona. Bagas menyadari, yang dilakukann­ya bersama teman-teman masih jauh dari kata cukup.

Sebab, ada ratusan warga yang menjalani perawatan karena terpapar Covid-19. Dia hanya berharap kegiatan yang diselengga­rakan secara swadaya itu mampu menarik simpati dari para stakeholde­r untuk ikut serta turun tangan membantu pemerintah.

”Kita hanya bagian kecil dari masyarakat. Kami berharap, pihak-pihak yang lebih mampu daripada anakanak muda seperti kami mau tergerak hatinya dan ikut turun membantu pemerintah dalam menghadapi gelombang kedua pandemi Covid19 ini,” jelasnya.

 ?? GMBU FOR JAWA POS ?? ULURAN TANGAN: Ketua Garda Muda Bibit Unggul Bagas Abiyu memberikan paket permakanan kepada salah seorang warga yang sedang menjalani isolasi mandiri.
GMBU FOR JAWA POS ULURAN TANGAN: Ketua Garda Muda Bibit Unggul Bagas Abiyu memberikan paket permakanan kepada salah seorang warga yang sedang menjalani isolasi mandiri.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia