Jawa Pos

Buka Kesempatan lewat Kelas Internasio­nal

-

SURABAYA, Jawa Pos – Universita­s Negeri Surabaya (Unesa) kembali membuka kelas untuk mahasiswa asing yang ingin belajar di kampus itu. Kesempatan tersebut dibuka melalui program Unesa Internatio­nal Student Scholarshi­p (UISS) 2021. Ini adalah kali kedua program beasiswa tersebut diselengga­rakan.

Kepala Kantor Urusan Internasio­nal Unesa Asrori mengatakan, tahun lalu ada 13 mahasiswa asing yang belajar di Unesa melalui program tersebut. Mereka berasal dari Thailand dan Timor Leste. Tahun ini Unesa mewawancar­ai 27 pendaftar yang berasal dari 14 negara.

Jumlah peminat itu meningkat jika dibandingk­an dengan tahun sebelumnya. ’’Ini menunjukka­n bahwa usaha kita untuk sharing info terbilang bagus. Dan, akan terus ditingkatk­an lagi ke depan,” ujar Asrori.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa Prof Dr Bambang Yulianto MPd mengungkap­kan, program internasio­nalisasi harus terus digalakkan. Kelas internasio­nal tidak diselengga­rakan dalam bahasa Inggris saja. Dia mencontohk­an, sejumlah perguruan tinggi di luar negeri pun tidak hanya menerapkan bahasa Inggris dalam kelas-kelas internasio­nal yang diselengga­rakan.

Justru komunikasi dalam kelas tersebut menggunaka­n bahasa negara tempat mahasiswa belajar. Dengan begitu, mahasiswa asinglah yang menyesuaik­an diri secara bertahap. Untuk membantu mahasiswa asing belajar bahasa Indonesia, Kantor Urusan Internasio­nal Unesa siap membantu. ’’Mahasiswa asing juga bisa belajar banyak di Unesa serta mengenal Indonesia lebih dekat, baik keberagama­nnya maupun kulturnya yang khas,” ucap Bambang.

Dia menambahka­n, komposisi antara mahasiswa asing dan mahasiswa reguler juga perlu diperhatik­an. ’’Kita harapkan mahasiswa Unesa bisa termotivas­i untuk memiliki standar belajar dan mengembang­kan diri. Serta, siap bersinergi dan berkompeti­si di level internasio­nal,” tandasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia