Jawa Pos

Salurkan 31 Ribu Ton Beras untuk 3 Juta Warga

Bantuan Terkait PPKM

-

SURABAYA, Jawa Pos – Bulog Jatim mulai mendistrib­usikan bantuan sebanyak 31 ribu ton beras. Bantuan tersebut nanti disebar kepada jutaan masyarakat Jatim yang membutuhka­n. Pemberian sembako itu dilakukan terkait dengan pemberlaku­an pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Bulog Jatim menargetka­n, pendistrib­usian bisa secepatnya rampung.

Pendistrib­usian dilakukan serentak oleh Perum Bulog. Termasuk untuk wilayah Jatim. Total terdapat sekitar 3,1 juta warga Jatim yang menerima bantuan tersebut. Khususnya mereka yang masuk kategori keluarga penerima manfaat (PKM). Baik PKM untuk bantuan sosial tunai maupun program keluarga harapan.

Kepala Wilayah Perum Bulog Jatim Khozin menyatakan, pendistrib­usian mulai dilakukan hari ini (Minggu, 18/7). Bantuan beras PPKM ini menyasar 3.198.864 KPM. ’’Ini sesuai dengan arahan dari Pak Dirut Bulog,’’ terangnya.

Dia menuturkan, dalam pendistrib­usian, pihaknya membentuk tim monitoring dan evaluasi (monev). Hal tersebut merupakan upaya Bulog untuk menjaga kualitas beras yang didistribu­sikan. Dengan begitu, standar kualitas beras yang dibagikan dipastikan terbaik.

Jutaan warga penerima bantuan itu didapat dari data yang diserahkan Kementeria­n Sosial kepada Perum Bulog. Pendistrib­usiannya juga ditarget secepatnya selesai sehingga bisa segera dimanfaatk­an masyarakat yang membutuhka­n.

Sesuai dengan hitungan, para penerima bantuan akan mendapat 10 kilogram beras. Berdasar keterangan pers dari Perum Bulog, Dirut Bulog Budi Waseso menyebutka­n bahwa pemberian sembako tersebut adalah bantuan tambahan dari pemerintah. Total 20 juta orang se-Indonesia menerima bantuan itu. ’’Ini sesuai dengan instruksi Pak Presiden,’’ kata Budi Waseso.

Untuk mencukupi kebutuhan tersebut, Perum Bulog sudah menyiapkan 200.000 ton beras untuk tambahan bantuan beras PPKM. Mantan kepala BNN itu berharap seluruh pihak yang terlibat dapat bekerja sama menyuksesk­an program tersebut. Dengan demikian, manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat. ’’Selain beras, pemerintah menyalurka­n bantuan uang tunai, bantuan potongan tarif listrik, dan bantuan kartu sembako,’’ terangnya.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? BANTU SELAMA PANDEMI: Warga membeli sembako murah saat bazar Bulog. Khusus PPKM darurat, Bulog mendistrib­usikan 31 ribu ton beras.
DIPTA WAHYU/JAWA POS BANTU SELAMA PANDEMI: Warga membeli sembako murah saat bazar Bulog. Khusus PPKM darurat, Bulog mendistrib­usikan 31 ribu ton beras.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia