Jawa Pos

Klaster Keluarga Mendominas­i di Medokan Ayu

KSB Bantu Ringankan Warga Isoman

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kasus Covid-19 di Kelurahan Medokan Ayu terus meningkat. Setiap harinya, ada 10–15 orang yang terpapar. Bahkan, dalam bulan ini, ada puluhan warga yang dinyatakan meninggal.

Ketua Kelurahan Siaga Bencana Medokan Ayu Mikhael Markus menuturkan, kasus terbanyak masih dari klaster keluarga. Sebanyak 85 persen. ”Beberapa dari mereka memiliki riwayat berkontak dengan orang luar. Di bagian lain juga terpapar dengan rekan kantor yang akhirnya membawa efek ke keluarga,” tuturnya.

Pihak kelurahan pun melakukan beberapa langkah untuk menekan persebaran tersebut. Antara lain, melakukan blocking area, tracing, dan pemeriksaa­n swab massal warga. ”Untuk pemeriksaa­n swab memang menunggu jadwal dari Dinas Kesehatan Surabaya. Dalam hal ini digawangi oleh Puskesmas Medokan Ayu,” paparnya.

Selain hal itu, penyemprot­an disinfekta­n terus dilakukan untuk sterilisas­i kawasan. Di tengah membeludak­nya pasien Covid-19 di rumah sakit, banyak warga yang melakukan isolasi mandiri di rumah. ”Bantuan berupa sembako dan makanan siap saji setiap hari diantar satgas Covid-19 ke rumah masing-masing,” ungkapnya. Bantuan itu dikumpulka­n dari swadaya masyarakat demi meringanka­n pasien yang terpapar.

Selain sibuk dengan penanganan, pihaknya terus menggencar­kan edukasi ke masyarakat lewat pengeras suara setiap hari. ”Di bagian lain, ada pula yang memberikan selebaran berisi ajakan untuk taat prokes,” ungkapnya. Penurunan angka Covid-19, kata dia, salah satunya dipengaruh­i kesadaran masyarakat.

Menurut Markus, jika masyarakat betul-betul disiplin dengan protokol kesehatan yang sudah direkomend­asikan, hal itu akan mengurangi dampak fatal penularan Covid-19. ”Nah, selain itu, vaksinasi di wilayah Medokan Ayu terus dikebut. Paling utama menyasar lansia yang masih enggan untuk divaksin,” ungkapnya. Markus mengatakan, ada 300–500 orang yang divaksin setiap hari.

 ?? KELURAHAN MEDOKAN AYU FOR JAWA POS ?? UNTUK YANG ISOMAN:
Plt Sekretaris Kelurahan Medokan Ayu Nurmaning Kusuma dan Ketua KSB Mikhael Markus (tengah) memberikan bantuan kepada warga.
KELURAHAN MEDOKAN AYU FOR JAWA POS UNTUK YANG ISOMAN: Plt Sekretaris Kelurahan Medokan Ayu Nurmaning Kusuma dan Ketua KSB Mikhael Markus (tengah) memberikan bantuan kepada warga.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia