Jawa Pos

Kewalahan, Hanya Layani saat Pagi

-

GRESIK, Jawa Pos – Layanan posko PPKM darurat di kecamatan resmi dibuka Jumat lalu (16/7). Namun, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memastikan, layanan konsultasi online gratis tidak dilaksanak­an 24 jam, melainkan hanya di pagi hari.

Memang, ada 13 dokter yang sukarela membantu masyarakat untuk konsultasi online tersebut. Dengan catatan kasus aktif konfirmasi positif 1.252 pada Sabtu lalu, 13 dokter tersebut tetap akan kewalahan apabila bekerja 24 jam hanya untuk konsultasi online.

Wakil Ketua IDI Gresik Lestari Sudaryanti mengatakan, sejak awal IDI tidak mengeluark­an kesanggupa­n untuk melayani konsultasi 24 jam. Namun, tanpa diminta pemerintah pun, IDI membuka diri untuk membantu para isolasi mandiri (isoman).

LestaSi memastikan, para dokter yang bersedia melayani konsultasi online itu tidak bekerja selama 24 jam. Namun, layanan online tersebut dimulai pukul 08.00 hingga 10.00.

”Kami juga membuka call center, masyarakat bila perlu langsung menghubung­i nomor layanan kami. Yakni, 0823-2000-0200,” jelasnya.

Dokter yang juga ketua Mitigasi Covid IDI Gresik tersebut mengaku, pihaknya mendapat saran dari para dokter. Para dokter sukarela itu mendapat telepon dari isoman tanpa kenal waktu, bahkan hingga tengah malam.

”Dokter kan kerja sejak pagi, ada yang praktik di rumah sakit, ada juga yang buka praktik di rumah. Sehingga, malam biarkan untuk istirahat,” ucapnya.

Sebagaiman­a diketahui, para 13 dokter yang melayani konsultasi online itu bekerja secara sukarela. Tidak dibayar dan masih melakukan pelayanan normal di fasilitas kesehatan (faskes) tempatnya bekerja. ”Kasihan temanteman dokter gak bisa istirahat,” imbuh Lestari.

Pihaknya, lanjut dia, memastikan IDI siap membantu para isoman. Di antaranya, konsultasi hingga memotivasi. Selain itu, IDI memastikan, dokter tidak melayani pemberian resep. Obat-obatan disediakan puskesmas atau rumah sakit.

Memang, saat launching posko PPKM kecamatan Jumat lalu, Pemkab Gresik menyatakan bahwa konsultasi online dilakukan 24 jam. Bahkan, di setiap posko sudah ada nomor call center.

kan

LESTARI SUDARYANTI

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia