Jawa Pos

Sebar 80 Relawan ke 9 Rumah Sakit

Akibat Banyak Nakes yang Isoman

-

GRESIK, Jawa Pos – Pemkab Gresik resmi membuka lowongan relawan Covid-19. Sebab, banyak tenaga kesehatan (nakes) yang sedang isolasi mandiri. Khusus untuk relawan pemulasara­an jenazah, hari ini akan dilakukan skrining dan vaksinasi.

Sabtu lalu, Bupati Fandi Akhmad Yani melihat langsung pelatihan para relawan di Ruang Putri Mijil Pendapa Kabupaten Gresik. Para relawan tersebut dilatih agar bisa melakukan pemulasara­an jenazah secara benar sesuai dengan protokol Covid-19.

’’Selain tenaga kesehatan, kami telah mengganden­g Ultras Gresik, GP Ansor, Pemuda Muhammadiy­ah, Fatayat, Nasyiatul Aisyiyah, dan unsur masyarakat lain. Meski masih dalam tahap konsolidas­i dan koordinasi pembentuka­n, para relawan telah kami bekali pengetahua­n pemulasara­an jenazah,’’ ujar Yani, sapaan karib Bupati Fandi Akhmad Yani.

Relawan tersebut, ungkap dia, nanti dibagi menjadi tiga divisi. Yakni, divisi nakes, pemulasara­an, dan divisi sosial. Untuk nakes, akan difokuskan guna akselerasi vaksinasi. Nanti pusat vaksinasi kabupaten akan disebar ke wilayah selatan, tengah, dan utara. Tidak hanya bertumpu di WEP (Wahana Ekspresi Poesponego­ro). Sistemnya nanti sama dengan apa yang berlangsun­g di WEP. ’’Kami akan mengoptima­lkan aplikasi yang sudah kami miliki, yakni Gresikpedi­a,’’ terangnya.

Sementara itu, untuk pemulasara­an, hingga kemarin sudah ada sekitar 80 relawan. Para relawan itu nanti disebar di sembilan rumah sakit (RS) rujukan pemulasara­an Covid19. Yakni, RS PKU Sekapuk, RS Fatma Medika, RS Petrokimia Gresik, RS Semen Gresik, RS Randegan Sari, RS Surya Medika, RS Wates Husada, RS Petrokimia Driyorejo, dan RSUD Ibnu Sina.

”Untuk divisi sosial, akan kami perbantuka­n di poskoposko darurat yang telah kami dirikan di 5 titik yang tersebar. Semoga ikhtiar ini bermanfaat bagi masyarakat Gresik. Kita tunjukkan dengan kebersamaa­n, dengan gotong royong, Gresik bisa melalui pandemi Covid-19 ini. Gresik kompak,

Gresik kuat,’’ ucap Yani.

Kabaghumas Pemkab Gresik Reza Pahlevi menambahka­n, pemkab telah resmi membuka lowongan relawan sebanyakba­nyaknya. Untuk nakes, pemkab membuka relawan bagi posisi dokter umum, apoteker, perawat, bidan, analis laboratori­um, dan K3.

Reza menerangka­n, hari ini (19/7) relawan pemulasara­an jenazah akan kembali dilatih. Selain itu, para relawan tersebut akan diskrining kesehatan dan divaksinas­i. ’’Supaya mereka segera bisa terjun ke lapangan,’’ ujarnya.

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? SEBELUM KE LAPANGAN: Bupati Fandi Akhmad Yani (kiri) menyaksika­n pelatihan untuk relawan pemulasara­an jenazah di Ruang Putri Mijil Pendapa Kabupaten Gresik.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS SEBELUM KE LAPANGAN: Bupati Fandi Akhmad Yani (kiri) menyaksika­n pelatihan untuk relawan pemulasara­an jenazah di Ruang Putri Mijil Pendapa Kabupaten Gresik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia