Jawa Pos

Tambah Trayek Tol Laut

Pelni Dorong Pemda dan Pengusaha Manfaatkan Program

-

SURABAYA, Jawa Pos – Arus barang yang diangkut kapal tol laut terus mengalami kenaikan sejak pertama beroperasi pada 2015. Menyikapi hal itu, Kementeria­n Perhubunga­n (Kemenhub) menambah empat trayek tol laut tahun ini. Selaku salah satu operator, PT Pelni mendorong pemda dan pengusaha lokal memanfaatk­an program tersebut untuk mendorong perluasan pasar barang.

Peningkata­n arus barang tol laut diketahui dari catatan PT Pelni. Selama Januari–Mei 2021, kapal milik BUMN itu mampu mengangkut barang tol laut sebanyak 3.759 TEUs. Angkanya naik 70 persen dibanding periode sama tahun lalu. Jumlah muatan kapal diprediksi terus meningkat hingga akhir tahun.

Pejabat Sementara Kepala Kesekretar­iatan PT Pelni Opik Taufik menjelaska­n, perusahann­ya mendapat kepercayaa­n penuh untuk mengoperas­ikan kapal tol laut. Sebanyak 9 di antara 30 trayek tol laut dioperasik­an Pelni. ”Trayek paling diminati adalah T10 yang dilayari KM Logistik Nusantara 5 rute Tanjung Perak– Morotai–Weda–Tanjung Perak,” kata Opik.

Selama semester 1, Opik menjelaska­n, muatan trayek tersebut mencapai 1.029 TEUs. Sementara itu, muatan baliknya 451 TEUs. ”Kebanyakan yang diangkut beras, gula, dan air mineral,” tambah Opik.

Menurut dia, program tol laut tidak saja untuk mengurangi kesenjanga­n harga. Namun juga meningkatk­an investasi daerah. Karena itu, Pelni mendorong pemda dan pengusaha lokal untuk memanfaatk­an program.

Selain muatan berangkat, Opik menjelaska­n bahwa keberhasil­an tol laut juga dilihat dari barang yang dibawa saat kapal kembali. Muatan kapal balik terus bertambah. Angkutan banyak mengangkut hasil bumi dan perikanan saat kembali ke pelabuhan awal.

Selama ini, Pelabuhan Tanjung Perak dikenal sebagai home base program tol laut. Dari 30 trayek yang dioperasik­an di Indonesia, sebanyak 16 trayek berangkat dari Surabaya. Kemenhub juga menambah perjalanan lagi dari Surabaya tahun ini.

Trayek anyar dilayari KM Kendhaga Nusantara 8 yang melayani pengiriman barang Surabaya-Bima.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? ARUS: Pelabuhan Tanjung Perak dikenal sebagai home base program tol laut. Sebanyak 16 di antara 30 trayek yang dioperasik­an di Indonesia berangkat dari Surabaya.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ARUS: Pelabuhan Tanjung Perak dikenal sebagai home base program tol laut. Sebanyak 16 di antara 30 trayek yang dioperasik­an di Indonesia berangkat dari Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia