Jawa Pos

Pertahanka­n Sertifikat ISO 9001:2015 sejak 2010

SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang telah menerapkan sistem manajemen mutu berbasis ISO 9001 sejak 2010. Selama 10 tahun menerapkan sistem manajemen mutu itu, SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang telah berhasil meningkatk­an dan mempertaha­nkan kualita

-

PADA 2021, SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang kembali mempertaha­nkan sertifikat ISO 9001:2015 tersebut dengan melaksanak­an dan menerapkan sistem manajemen mutu dan melalui audit oleh URS Surabaya. Audit pada 2021 itu dilaksanak­an untuk menganalis­is implementa­si sistem manajemen mutu yang telah diterapkan sekolah selama tahun pelajaran 2020–2021, khususnya pada pembelajar­an di masa pandemi.

Audit ISO yang berlangsun­g pada 29 Juni 2021 itu diadakan secara daring oleh dua auditor dari URS Surabaya, Prahatiza Wiena dan Riza Narulita. Selama satu hari penuh, audit itu meliputi beberapa area manajemen sekolah. Di antaranya, top manajemen/ kepala sekolah, manajemen representa­tif, kurikulum, humas, kesiswaan, sarana dan prasarana, pengembang­an, kepondokan, tata usaha, perpustaka­an, BP/BK, laboratori­um, dan unit penjamin mutu/UPM.

Dengan mengedepan­kan analisis risiko, sesuai klausul ISO 9001:2015, sekolah pada awal tahun pembelajar­an telah memetakan risiko yang akan dialami, khususnya di tengah pandemi ini. Dengan pemetaan itu, sekolah dapat menerapkan langkah-langkah dalam meminimalk­an risiko yang akan dihadapi manajemen sekolah sehingga dapat menjadi komponen pendukung dalam mempertaha­nkan sertifikat ISO 9001:2015 yang telah dimiliki selama 10 tahun.

Berdasar hasil yang didapatkan sekolah melalui audit itu, tidak ada temuan mayor ataupun minor terhadap sistem manajemen mutu yang diterapkan sekolah, hanya beberapa saran yang bisa diterapkan dalam periode berikutnya. Dengan demikian, sekolah masih berhak melanjutka­n sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 untuk tahun pelajaran 2021–2022.

Melalui hasil itu, Kepala SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang Didik Sadianto MPd menyampaik­an harapan supaya SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang dapat terus meningkatk­an kualitas sistem manajemen mutu, khususnya di masa pandemi ini. ’’Kami mengucapka­n terima kasih atas doa dan dukungan dari semua civitas, para kiai majelis pimpinan Pondok Pesantren Darul Ulum, kepala cabang Dinas Pendidikan Jombang, tenaga pendidik, karyawan/staf, orang tua/ wali santri, siswa, dan masyarakat,” pungkas Didik.

 ?? SMA DARUL ULUM 2 UNGGULAN BPPT JOMBANG FOR JAWA POS ?? EDU RELIGI
UNGGUL: Gedung SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajarmen­gajar siswa.
SMA DARUL ULUM 2 UNGGULAN BPPT JOMBANG FOR JAWA POS EDU RELIGI UNGGUL: Gedung SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajarmen­gajar siswa.
 ?? SMA DARUL ULUM 2 UNGGULAN BPPT JOMBANG FOR JAWA POS ?? MINIMALKAN RISIKO: Audit ISO meliputi beberapa area manajemen sekolah. Di antaranya, top manajemen/kepala sekolah, manajemen representa­tif, kurikulum, humas, kesiswaan, sarana dan prasarana, pengembang­an, kepondokan, tata usaha, perpustaka­an, BP/BK, laboratori­um, dan unit penjamin mutu/UPM.
SMA DARUL ULUM 2 UNGGULAN BPPT JOMBANG FOR JAWA POS MINIMALKAN RISIKO: Audit ISO meliputi beberapa area manajemen sekolah. Di antaranya, top manajemen/kepala sekolah, manajemen representa­tif, kurikulum, humas, kesiswaan, sarana dan prasarana, pengembang­an, kepondokan, tata usaha, perpustaka­an, BP/BK, laboratori­um, dan unit penjamin mutu/UPM.
 ?? SMA DARUL ULUM 2 UNGGULAN BPPT JOMBANG FOR JAWA POS ?? WUJUDKAN MANAJEMEN MUTU SEKOLAH: Audit ISO yang berlangsun­g pada 29 Juni 2021 itu diadakan secara daring oleh dua auditor dari URS Surabaya, Prahatiza Wiena dan Riza Narulita.
SMA DARUL ULUM 2 UNGGULAN BPPT JOMBANG FOR JAWA POS WUJUDKAN MANAJEMEN MUTU SEKOLAH: Audit ISO yang berlangsun­g pada 29 Juni 2021 itu diadakan secara daring oleh dua auditor dari URS Surabaya, Prahatiza Wiena dan Riza Narulita.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia