Jawa Pos

Semangat Baru dalam Logo Baru

Dipakai Mulai Olimpiade 2020

-

JAKARTA, Jawa Pos – Kontingen Indonesia yang berlaga di Olimpiade 2020 Tokyo bakal memakai logo baru pada seragam mereka. Logo tersebut resmi digunakan tim Merah Putih di Olimpiade yang dimulai pada Jumat (23/7) itu serta multievent internasio­nal berikutnya.

Logo baru tersebut menampilka­n simbol Garuda di dada dengan tambahan lima ring Olimpiade dan lingkaran merah putih. Sebelumnya tim Indonesia menggunaka­n simbol ukiran yang membentuk obor. Anggota Komite Eksekutif Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Arlan

Perkasa Lukman menjelaska­n, desain itu ingin mengembali­kan filosofi lambang Garuda di dada kepada tim Indonesia.

’’Dari IOC juga ada ketentuan mewajibkan ada identitas negara dalam setiap tim. Untuk itu, kami meluncurka­n logo ini atas dasar masukan dari berbagai pihak,’’ kata Arlan dalam konferensi virtual kemarin (19/7). Lima ring logo Olimpiade di bawah gambar lambang Garuda itu menunjukka­n nilai-nilai saling menghormat­i, persahabat­an, perdamaian, sportivita­s, serta keunggulan.

’’Nilai-nilai ini kami harapkan menjadi kebanggaan seluruh atlet Indonesia dan kami yakin logo baru ini kian menunjukka­n jati diri Indonesia di multievent internasio­nal,’’ tambah Sekjen KOI Ferry J. Kono. Selain itu, pemilik J99 Corp yang juga menjadi salah satu sponsor tim Indonesia, Gilang Widya Pramana, menyiapkan bonus khusus. Itu di luar bonus yang disiapkan pemerintah, yakni Rp 5 miliar untuk peraih emas.

Bonus tersebut berasal dari kantong pribadi Gilang. ’’Untuk mendukung atlet di Olimpiade, ada (bonus) emas Rp 500 juta, perak Rp 250 juta, dan perunggu Rp 100 juta,’’ kata pengusaha asal Malang tersebut. Dukungan seperti itu diharapkan bisa semakin melecut semangat juang kontingen Indonesia dalam bertarung berebut medali.

 ?? KOI ?? GARUDA DI DADA:
Lifter Eko Yuli Irawan mengenakan jersey dengan logo baru tim Indonesia yang diluncurka­n secara virtual kemarin (19/7).
KOI GARUDA DI DADA: Lifter Eko Yuli Irawan mengenakan jersey dengan logo baru tim Indonesia yang diluncurka­n secara virtual kemarin (19/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia