Jawa Pos

Naturalisa­si Beres, Timnas Resmi Dapat Suntikan Tenaga Baru

Dua di Antaranya Jadi Pemain Lokal

-

JAKARTA, Jawa Pos – Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) telah menyelesai­kan proses naturalisa­si tiga pemain asing. Kemarin (19/7) Marques Bolden, Dame Diagne, dan Serigne Modou Kane sudah diambil sumpahnya sebagai warga negara Indonesia (WNI) di kantor Kemenkum HAM, Jakarta. Proses naturalisa­si pun dinyatakan rampung.

Dalam prosesi pengambila­n sumpah itu, ketiganya menyanyika­n Indonesia Raya. Pembacaan naskah pelantikan dan janji setia kepada negara dipimpin Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM DKI Jakarta Ibnu Chldun.

Manajer Fareza Tamrella mengatakan, proses selanjutny­a ialah menunggu dokumen resmi seperti paspor dan KTP selesai diurus. ’’Mereka bertekad memberikan kemampuan terbaiknya di lapangan dan berusaha maksimal untuk membawa Indonesia menjadi tim yang diperhitun­gkan di level internasio­nal,’’ ucap Mocha –sapaan akrab Fareza– dalam keterangan resminya kemarin.

Dia menambahka­n, tiga pemain itu akan bergabung dengan Lester Prosper dan Brandon Jawato dalam skuad FIBA Asia Cup 2021. Karena usianya masih di bawah 16 tahun, Diagne dan Kane dihitung sebagai pemain lokal. Termasuk Jawato yang punya garis keturunan Indonesia.

’’Dengan gabungnya tiga pemain naturalisa­si ini, kami optimistis bisa bermain di FIBA World Cup 2023 dengan menembus peringkat kedelapan di FIBA Asia Cup nanti,’’ katanya.

Diagne dan Kane berasal dari Senegal. Mereka dinaturali­sasi atas rekomendas­i PP Perbasi setelah tampil bersama Indonesia Patriots di IBL 2021. Sementara itu, Bolden adalah pemain asal Amerika Serikat yang dinaturali­sasi atas pilihan pelatih Rajko Toroman.

Indonesia dipastikan masuk putaran final FIBA Asia Cup 2021 dengan status tuan rumah. Event tersebut dijadwalka­n pada 17–29 Agustus mendatang di Istora Senayan, Jakarta. Namun, melihat kondisi Covid-19 di Indonesia yang mengganas, sangat mungkin event itu diundur.

Bahkan, jadwal drawing yang awalnya digelar 15 Juli lalu terpaksa ditunda karena PPKM darurat. Tanggal terbaru diusulkan pada 22 atau 25 Juli 2021. ’’Kalau situasinya makin ke arah yang tidak kami harapkan, rencana cadanganny­a lebih ke penyesuaia­n waktu (event). Sambil melihat situasi di Indonesia,’’ jelas Ketua Panpel Junas Miradiarsy­ah.

 ?? KEMENKUM HAM ?? SAH: Tiga pemain basket naturalisa­si diambil sumpahnya di kantor Kemenkum HAM kemarin (19/7).
KEMENKUM HAM SAH: Tiga pemain basket naturalisa­si diambil sumpahnya di kantor Kemenkum HAM kemarin (19/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia