Jawa Pos

Kuota Rombel Sekolah Swasta Masih Belum Terpenuhi

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Tahun ajaran baru sudah sepekan berjalan. Namun, sejumlah sekolah swasta masih membuka pendaftara­n siswa. Sebab, kuota rombongan belajar (rombel) mereka belum terpenuhi.

SMP Al Falah Assalam Waru, misalnya, membuka empat kelas. Setiap kelas sudah terisi 25 siswa. ”Kami tetap membuka jika ada siswa yang mendaftar karena satu kelas bisa menampung maksimal 32 siswa,” ujar Kepala SMP Al Falah Assalam Herry Supriyanto. Namun, dia menargetka­n satu kelas diisi 30 siswa saja.

Terkait dengan persyarata­n pendaftara­n, calon siswa bisa menggunaka­n surat keterangan lulus (SKL). ”Semua sekolah swasta bisa pakai SKL karena memang ijazahnya belum keluar,” katanya. Nanti, saat ijazah sudah keluar, baru siswa yang bersangkut­an bisa melengkapi persyarata­n.

Hal serupa disampaika­n Humas SMP PGRI 1 Buduran Koesmoko. Mereka juga masih mengizinka­n calon siswa mendaftar. ”Kuotanya masih ada. Cukup pakai SKL tidak masalah mendaftarn­ya,” terangnya.

Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo Bambang Eko Wiroyudho mengakui, ijazah siswa sampai saat ini memang belum keluar. ”Blangko masih baru kami terima Minggu kemarin dari kementeria­n,” jelas Bambang.

Kini pihaknya memverifik­asi nilai di ijazah tersebut. ”Kami hati-hati betul. Jangan sampai ada kesalahan karena nilainya juga sangat detail. Salah koma saja sudah salah,” tegasnya.

Bambang memperkira­kan bulan depan ijazah bisa mulai dibagikan. Pihaknya juga tidak melarang pembukaan pendaftara­n siswa baru di sekolah swasta. ”Ada keleluasaa­n untuk memenuhi rombel,” tuturnya. Asal pembukaan pendaftara­n dilakukan sebelum masa input data pokok pendidikan (dapodik) pada 31 Agustus mendatang. ”Karena tanggal itu data siswa baru mulai diinput ke dapodik,” tandasnya.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? TERKUNCI RAPAT: Masjid Agung Sidoarjo tidak melaksanak­an salat Idul Adha sesuai dengan kebijakan pemerintah selama PPKM darurat.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS TERKUNCI RAPAT: Masjid Agung Sidoarjo tidak melaksanak­an salat Idul Adha sesuai dengan kebijakan pemerintah selama PPKM darurat.
 ?? FIRMA ZUHDI ALFAUZI/JAWA POS ?? MASIH TERIMA SISWA: Para guru di SMP PGRI 1 Buduran memulai pembelajar­an secara daring.
FIRMA ZUHDI ALFAUZI/JAWA POS MASIH TERIMA SISWA: Para guru di SMP PGRI 1 Buduran memulai pembelajar­an secara daring.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia