Jawa Pos

Minta Perusahaan Pinjamkan Tabung Oksigen

-

GRESIK, Jawa Pos – Dalam mengantisi­pasi kelangkaan tabung oksigen, Pemkab Gresik meminta seluruh perusahaan di Gresik agar bersedia meminjamka­n tabung oksigen. Setidaknya, hingga kini ada 50 tabung oksigen yang terkumpul. Rencananny­a, tabung oksigen itu ditempatka­n di beberapa puskesmas yang sudah disiapkan menjadi rujukan pertama masyarakat dalam penanganan Covid-19.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan, ide mengakomod­asi pinjaman tabung oksigen itu bermula dari terbatasny­a tabung saat ini. Lebihlebih tabung oksigen kini sulit ditemukan. Hal itulah yang membuat pihaknya berpikir keras agar solusi tersebut terpecahka­n.

”Sudah ada tujuh perusahaan dan sekolah SMK yang mau meminjamka­n tabung oksigen ke kami. Alhamdulil­lah, tabung ini akan digunakan sebaik mungkin,” kata Yani, sapaan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, kemarin.

Tabung oksigen hasil pinjaman tersebut, terang Yani, akan didistribu­sikan ke lima puskesmas pilihan. Puskesmas itulah yang nanti menjadi rujukan pertama bagi pasien Covid19. Karena itu, kelengkapa­n beberapa alat medis di puskesmas tersebut bakal dipenuhi.

”Puskesmas akan buka 24 jam dan alat pelayanan kami lengkapi. Ini supaya masyarakat menjadikan puskesmas sebagai rujukan pertama. Termasuk bagi ibu hamil yang terkonfirm­asi Covid19 bisa dirujuk di sini,” jelas Yani.

Puskesmas mana saja yang akan disiapkan sebagai rujukan pertama penanganan Covid-19? Yani belum bisa mebeberkan karena lima puskesman itu baru dirapatkan. ”Puskesmas yang sementara ini tutup dimohon tenaga medisnya diperbantu­kan ke puskesmas ini,” ujarnya.

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? ANTISIPASI KELANGKAAN: Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (kiri) menerima sejumlah tabung oksigen dari perusahaan dan SMK di halaman kantor bupati kemarin. Hingga kini, ada 50 tabung oksigen yang terkumpul.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS ANTISIPASI KELANGKAAN: Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (kiri) menerima sejumlah tabung oksigen dari perusahaan dan SMK di halaman kantor bupati kemarin. Hingga kini, ada 50 tabung oksigen yang terkumpul.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia