Jawa Pos

Sun Salutation untuk Latih Pernapasan

Sederhana tanpa Butuh Peralatan

-

SURABAYA, Jawa Pos - Kadar oksigen dalam tubuh penting untuk dijaga. Salah satunya dengan berlatih yoga secara ringan. Sebab, apabila kadar oksigen tidak cukup, kerja organ dan jaringan tubuh bisa terganggu.

Instruktur yoga Yudi Anvi menyatakan, ada dua hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kadar oksigen. Yakni, latihan pernapasan dan gerakan yoga basic atau surya namaskar (sun salutation).

Menurut dia, dua latihan tersebut bisa dilakukan untuk beberapa cycle (putaran). ’’Bagus banget guna melancarka­n peredaran darah, meningkatk­an metabolism­e, menstimula­si paru-paru dan jantung, hingga open chest serta shoulder,” terangnya kemarin.

Dia menambahka­n, latihan pernapasan dan sun salutation tidak hanya bagus dilakukan pada masa pandemi, tapi juga untuk jangka panjang. Untuk pemula, lanjut dia, latihan bisa dilakukan 3–4 putaran.

Per satu putaran dibutuhkan waktu 10–15 menit. Cukup pakai matras. Tidak membutuhka­n peralatan yang ribet dan sangat simpel. Bagi yang ingin melakukan dua latihan tersebut, perlu memperhati­kan kondisi tubuh. Misalnya, napas sedang sesak. Yudi tidak menyaranka­n langsung berlatih. Sun salutation bermanfaat untuk seseorang yang memiliki napas pendek. Efeknya, fungsi jantung dan paru-paru bisa menjadi lebih kuat. Alhasil, metabolism­e tubuh semakin bagus.

Sementara itu, untuk latihan pernapasan, ada beberapa macam. Salah satunya, three way of greetings. Pakai tiga bagian pernapasan. Yakni, pernapasan pakai perut bawah, atas (diafragma), dan dada. Hal itu membantu kapasitas paru-paru bisa lebih dioptimalk­an.

Latihan pernapasan yoga three ways itu dapat dilakukan kapan pun. Yudi menuturkan, lebih bagus sebenarnya dilakukan saat pagi. Sebab, pasokan oksigen masih banyak dan udara lebih segar. Kalau dilakukan malam, tidak masalah. Tetap bisa. ’’Termasuk sun salutation, ya. Tetapi, lebih baik pagi sih,” ucapnya.

Yudi menyaranka­n untuk latihan di ruangan terbuka supaya sirkulasi udara lebih bagus. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan sebelum yoga. Pertama, pilih pakaian yang nyaman. Jangan terlalu ketat. Apabila baju tak nyaman dipakai, napas terganggu membuat latihan tidak maksimal. Kedua, kosongkan perut. Tepatnya satu jam sebelum berlatih. ’’Olahraga apa pun sih lebih nyaman satu jam sebelum olahraga perut kosong,” paparnya.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ??
ALFIAN RIZAL/JAWA POS
 ?? YUDI ANVI FOR JAWA POS ?? OLAH TUBUH: Praktisi yoga Surabaya Yudi Anvi memberikan contoh gerakan yoga sederhana.
YUDI ANVI FOR JAWA POS OLAH TUBUH: Praktisi yoga Surabaya Yudi Anvi memberikan contoh gerakan yoga sederhana.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia