Jawa Pos

Adakan Pentas dengan Iringan Piano secara Virtual

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sepuluh balerina beraksi secara virtual di kanal Zoom Minggu (18/7). Mereka bergerak dengan iringan dentingan piano yang dimainkan Alexander Ronoyudo dari Singapura. Itulah suasana pop-up class yang diadakan Center Point Ballet Academy Surabaya. Para balerina dan pianis berkolabor­asi menampilka­n pertunjuka­n balet secara virtual. Pertunjuka­n tersebut berlangsun­g dua sesi sejak pukul 09.00 hingga 12.30. Pada sesi pertama, para balerina kategori anak-anak beraksi di depan layar gawai mereka masing-masing. Dilanjutka­n dengan kategori remaja pada sesi kedua. Mereka menari di rumah masing-masing. Dengan menyiapkan ruangan khusus dan kostum balet saat menari.

Sang pianis Alexander juga menampakka­n diri di depan layar bersama pianonya. Dia pun mulai menekan satu per satu tuts piano saat para balerina siap beraksi. Pertunjuka­n itu diarahkan langsung oleh instruktur balet Patricia Jane. Meskipun dilaksanak­an secara virtual, pentas itu berlangsun­g lancar. Gerakan dan musik berpadu secara harmoni dari awal hingga akhir pertunjuka­n.

”Ada sedikit delay, tapi keseluruha­n oke,” kata Alex di akhir acara. Dia mengatakan, sembilan lagu yang dibawakan adalah aransemenn­ya sendiri. Mulai tempo lambat, sedang, hingga cepat. Mahasiswa Lasalle College of Arts Singapore itu pun turut bangga bisa menjadi bagian dalam agenda tersebut. Alex dan para siswa saling bertepuk tangan untuk mengapresi­asi penampilan masing-masing.

Patricia menjelaska­n, agenda itu bertujuan untuk mengisi libur semester. Di sisi lain, para mentor ingin memberikan variasi jenis balet melalui pertunjuka­n tersebut. Agar siswa tidak jenuh dengan hanya mempelajar­i silabus.

Kali ini, agenda dirancang spesial dengan menghadirk­an pianis secara virtual. Itu diharapkan bisa melatih kemampuan musikalita­s, ekspresi, dan interpreta­si para balerina. Terlebih balet dan musik sangat berhubunga­n erat. ”Agar para siswa tidak canggung saat menari dengan musik secara langsung,” papar penyelengg­ara Ekawati Loekito.

 ??  ??
 ?? HANAA SEPTIANA/JAWA POS ??
HANAA SEPTIANA/JAWA POS
 ??  ??
 ??  ?? DARI JAUH: Balerina mengikuti pop-up class yang diadakan Center Point Ballet Academy Surabaya dengan diiringi piano yang dimainkan Alexander Ronoyudo (foto kanan).
DARI JAUH: Balerina mengikuti pop-up class yang diadakan Center Point Ballet Academy Surabaya dengan diiringi piano yang dimainkan Alexander Ronoyudo (foto kanan).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia