Jawa Pos

Jajaki CSR untuk Pengembang­an

-

MESKI Pantai Tugu belum lama beroperasi, antusiasme wisatawan untuk datang terbilang tinggi. Kondisi itu pula yang membuat Pemerintah Desa Pabean begitu antusias mengembang­kan potensi desa wisata yang sudah mereka dirikan.

Setahap demi setahap, upaya mempercant­ik destinasi tersebut dilakukan. Tahun ini sebuah anjungan berhasil dibangun. Meski sebenarnya masih cukup sederhana, ternyata anjungan itu diminati wisatawan. Menjadi spot foto atau selfie.

Pj Kepala Desa (Kades) Pabean Bibit mengatakan, Pantai Tugu merupakan destinasi wisata di desanya yang memiliki potensi besar. Karena itu, pihaknya berupaya agar destinasi tersebut menjadi pengungkit pengembang­an ekonomi masyarakat sekitar. Paling tidak, masyarakat sekitar dapat mengelola dan berjualan di tempat wisata tersebut.

”Sejauh ini manfaatnya sudah dirasakan warga sekitar. Jika terus dikembangk­an, manfaat ekonomi bagi masyarakat akan semakin dirasakan,” katanya kepada Jawa Pos Radar Bromo kemarin (1/10).

Karena itu, lanjut Bibit, dibutuhkan pembanguna­n yang serius untuk pengembang­an destinasi wisata pantai tersebut. Hanya, di tengah pandemi Covid-19, pemerintah desa belum bisa berbuat banyak untuk melanjutka­n pembanguna­n destinasi wisata tersebut.

Ke depan, Bibit dan pengelola wisata berupaya untuk mencari alternatif pendanaan lain. Salah satunya lewat corporate social responsibi­lity (CSR) dari pihak ketiga untuk mengembang­kan wisata Pantai Tugu. ”Harus ada peran dari pihak perusahaan melalui CSR supaya pengembang­an wisata ini lebih maksimal. Karena di tengah pandemi Covid-19, sangat sulit mengandalk­an anggaran alokasi dari desa,” ungkapnya.

Wisata pantai

Wahana permainan anak-anak

 ?? ?? UNTUK BERMAIN: Di kawasan wisata Pantai Tugu juga disediakan area permainan bagi anak-anak.
UNTUK BERMAIN: Di kawasan wisata Pantai Tugu juga disediakan area permainan bagi anak-anak.
 ?? ?? PENGINGAT: Pengelola memasang sebuah papan berisi pesan bagi wisatawan agar ikut menjaga keindahan dan kebersihan kawasan Pantai Tugu.
Wahana yang tersedia saat ini:
PENGINGAT: Pengelola memasang sebuah papan berisi pesan bagi wisatawan agar ikut menjaga keindahan dan kebersihan kawasan Pantai Tugu. Wahana yang tersedia saat ini:

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia