Jawa Pos

Syarat Pelengkap Kepergian Koeman

-

MADRID – Striker Atletico Madrid Luis Suarez musim lalu menunjukka­n bahwa pelatih FC Barcelona Ronald Koeman telah salah menyingkir­kannya. Itu seiring suksesnya Suarez membawa Atletico memenangi La Liga 2020– 2021. Tapi, Suarez belum bisa menunjukka­n langsung di depan Koeman.

Setelah masih absen ketika Atletico menang 1-0 di Wanda Metropolit­ano (22/11/2020), Suarez bersama Los Colchonero­s harus puas dengan skor kacamata dalam pertemuan di Camp Nou (9/5).

Jornada kedelapan La Liga musim ini di Wanda dini hari nanti (siaran

pukul

Barca datang dalam kondisi buruk. Barca baru kalah kali kedua di Liga Champions dengan statistik memalukan (tidak bisa mencetak gol, bahkan tanpa tembakan tepat sasaran) sehingga menyudutka­n posisi Koeman.

Sayang, Koeman bakal absen di bangku cadangan Barca lantaran menjalani skors kedua (terakhir) akibat kartu merah lawan Cadiz CF (24/9). Pelatih Belanda berjuluk Tintin itu sudah menjalani skors pertama saat Barca mengalahka­n Levante 3-0 di Camp Nou (26/9).

Barca sebenarnya memiliki hak untuk banding atas sanksi yang diterima Koeman. Pada kenyataann­ya, hal itu tidak dilakukan. Seolah menguatkan asumsi bahwa Tintin memang tidak lagi dibutuhkan untuk mendamping­i Sergio Busquets dkk.

Diario AS malah sudah mengklaim bahwa Presiden Bar

ca Joan

Laporta telah memutuskan untuk mengakhiri kontrak Koeman dengan konsekuens­i membayar kompensasi EUR 12

juta (Rp 199

miliar). Nominal yang tidak murah bagi klub yang terbelit masalah keuangan serius.

Lantas, kapan Koeman dipecat? Barca beruntung karena setelah laga melawan Atletico, kompetisi bakal rehat selama dua pekan lantaran agenda internasio­nal. Itu memberikan banyak waktu bagi Barca untuk mendapatka­n pelatih pengganti Koeman. Sebab, Xavi Hernandez (Al Sadd SC) dan Roberto Martinez (timnas Belgia) yang jadi favorit belakangan disebut sulit untuk datang.

Xavi diklaim tidak yakin bisa membenahi tim ketika musim sedang berjalan, sedangkan Martinez telah membantah adanya pendekatan dari Barca. ”Saya memang berteman dengan Jordi Cruijff (penasihat olahraga Barca, Red). Tapi, pembicaraa­n kami sejauh ini tidak ada yang terkait dengan pekerjaan,” beber Martinez kepada Mundo Deportivo.

Perang dingin dengan Presiden Joan Laporta. Koeman sempat mengkritik secara terang-terangan mengenai Laporta yang sering membicarak­an kondisi Barca, khususnya keuangan.

3

Egois. Enggan menerima kritik dan masukan manajemen.

Kerap kritik pemain. Kesalahan atau blunder pemain yang dibeberkan setelah laga sudah jadi kebiasaan. Ruang ganti pun tidak kondusif.

Mengubah pakem taktik. Skema 4-3-3 sebagai fondasi dasar kerap diubah sehingga juego de posicion memudar.

Pesimistis. Cenderung pasang badan bahwa prestasi tidak akan maksimal lantaran skuad saat ini dianggap kurang memuaskan.

 ?? DIEGO SIMEONE PATRICIA DE MELO MOREIRA/AFP ??
DIEGO SIMEONE PATRICIA DE MELO MOREIRA/AFP
 ?? SSC NAPOLI ?? AKHIRNYA KEOK: Striker SSC Napoli Victor Osimhen menyesali kekalahan oleh Spartak Moskva setelah laga Liga Europa di Stadio Diego Armando Maradona kemarin (1/10).
SSC NAPOLI AKHIRNYA KEOK: Striker SSC Napoli Victor Osimhen menyesali kekalahan oleh Spartak Moskva setelah laga Liga Europa di Stadio Diego Armando Maradona kemarin (1/10).
 ?? ??
 ?? ??
 ?? ??
 ?? ??
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia