Jawa Pos

Kartu Merah Bikin Jateng Pincang

Jatim Lolos ke Enam Besar

-

JAYAPURA – Tim sepak bola Jawa Timur (Jatim) membayar lunas utangnya kepada Jawa Tengah (Jateng). Jatim menang telak 3-0 atas Jateng dalam pertanding­an kedua fase grup B di Stadion Mahacandra kemarin (1/10). Ya, lima tahun yang lalu Jateng menyisihka­n Jatim di ajang prakualifi­kasi zona Jawa.

Pada upaya revansnya, Jatim sempat mengalami kesulitan. Hingga babak pertama tuntas, skor masih imbang tanpa gol. Tapi, sejak menit ke-52, kekuatan Jateng timpang. Bek kiri Jateng Sidang Iskus diusir dari lapangan karena menerima kartu kuning kedua.

Bermain dengan sepuluh orang membuat Jateng ngos-ngosan. Hal itu dimanfaatk­an dengan sempurna oleh Jatim. Buktinya, tiga gol Jatim yang dicetak Dian Sasongko (73’), M. Faisol Yunus (75’), dan Rezky Renaldi (84’) lahir setelah pengusiran Sidang.

”Setelah unggul jumlah pemain, anak-anak bermain lepas dan sangat enjoy di lapangan. Itu faktor utama kami bisa cetak tiga gol,” kata kapten Jatim M. Ibnu Hajar kepada Jawa Pos. Melawan sepuluh pemain juga terjadi saat Jatim melakoni laga perdana kontra Sulawesi

Selatan (Sulsel) Selasa (28/9).

Pelatih Jatim Rudy Keltjes ogah disebut beruntung. Meski di dua laga Jatim selalu ada kartu merah buat tim lawan. ”Karena kartu merah itu lahir dari pelanggara­n keras terhadap pemain kami. Saya catat ada tiga pelanggara­n yang bisa membuat cedera dan itu berbahaya,” jelasnya. ”Tapi (pekerjaan rumahnya, Red), anak-anak kesulitan saat lawan bermain dengan sebelas pemain,” tambah pelatih asal Situbondo tersebut.

Di laga pemungkas grup B (4/10) Jatim akan menghadapi Sumatera Utara (Sumut). Hanya, laga itu sudah tidak menentukan. Sebab, kemenangan 3-0 atas Jateng membuat Jatim sudah dipastikan lolos ke enam besar. Meski begitu, Rudy tidak akan melakukan rotasi total starting XI Jatim. ”Saya ini tetap rakus kemenangan. Saya tidak mau tim main imbang, pokoknya harus menang,” tegas eks pemain Persebaya Surabaya tersebut.

Menghadapi Sumut, Rudy wajib waspada. Apalagi, Sumut mampu menang 1-0 atas Sulsel. Hasil itu sekaligus menjaga asa Sumut untuk lolos ke enam besar. Mereka minimal butuh hasil imbang untuk lolos.

Sementara bagi Jateng, kekalahan kemarin membuat kans mereka untuk lolos cukup berat. ”Kami tidak akan menyerah. Kami harus tetap fight untuk pertanding­an terakhir,” tutur pelatih Jateng Eko Riyanto kepada Jawa Pos. Jateng masih punya peluang lolos. Dengan catatan Sumut kalah di tangan Jatim. Sementara Jateng menang minimal 3-0 atas Sulsel.

Soal kartu merah, Eko sama sekali tidak mau menyalahka­n pemain. ”Setelah kartu merah, pemain tetap bermain sesuai instruksi saya. Mereka bertahan dengan baik. Saya mengapresi­asi kerja keras anak-anak,” katanya.

Gelandang Jateng Tri Hartanto juga tidak mau menyalahka­n rekannya. ”Semua sudah maksimal. Cuma hasilnya belum memuaskan,” ucap dia.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ??
ANGGER BONDAN/JAWA POS
 ?? ?? GESIT: Pemain Jawa Timur M. Faisol Yunus (kiri) mencetak satu gol ketika timnya menang 3-0 atas Jawa Tengah di laga kedua grup B kemarin (1/10).
GESIT: Pemain Jawa Timur M. Faisol Yunus (kiri) mencetak satu gol ketika timnya menang 3-0 atas Jawa Tengah di laga kedua grup B kemarin (1/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia