Jawa Pos

Tetap Merdeka Tak Pernah Mati

-

JOGJAKARTA – November menjadi bulannya pahlawan. Para perupa pun siap ambil bagian untuk memperinga­ti Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November mendatang. Di Pendhapa Art Space, akan dipamerkan berbagai karya lukisan maupun patung per 10 November hingga 10 Desember.

Para seniman dari DKI Jakarta, JawaTimur,SumateraBa­rat,Kalimantan­Selatan,Bali,NusaTengga­ra Barat,SulawesiBa­rat,dandaerahd­aerahlainn­yaakanambi­lbagian dalam pameran bertajuk Representa­si #4: Pahlawan Nasional.

Sebanyak 134 seniman mengajukan proposal untuk berpartisi­pasi dalam pameran tersebut. Lalu, ada juga belasan seniman yang berstatus undangan. Khusus di antara mereka yang mengajukan proposal dikerucutk­an menjadi 38 nama saja. Jika ditotal, akan ada 55 karya yang dipamerkan di Pendhapa Art Space.

Nah, di antara 55 karya yang akan dipamerkan itu terdapat karya ilustrator Jawa Pos Setyo Budiono. Dengan karya berjudul Tetap Merdeka Tak Pernah Mati, Budiono memunculka­n figur sentral dalam perjuangan arekarek Suroboyo saat pertempura­n Surabaya 1945. Yakni, Bung Tomo.

Kurator pameran Mikke Susanto kemarin (1/10) menyatakan, tujuh di antara karya yang siap dipamerkan adalah patung. Sementara itu, sisanya adalah lukisan. Mikke melanjutka­n, karya-karya yang dipamerkan membawa aliran realistik. Para perupa dipersilak­an untuk merepresen­tasikan sosok pahlawan nasional dalam karya mereka. ’’Akankah mereka mengekspre­sikan kemuliaan dan sentimenta­litas para pahlawan dengan cara formal, romantis, atau kritis? Nanti dapat Anda nikmati pada saat pameran digelar,’’ ujar Mikke.

Uniknya, sebagian besar peserta mengirimka­n proposal karya mengenai sosok Presiden Pertama RI Soekarno. Itu merupakan tantangan bagi kurator yang berniat menyajikan keberagama­n sosok pahlawan dalam pameran. ’’Hal yang berbau Soekarno dikurangi supaya tidak terkesan seperti pameran wajah Soekarno,’’ ungkap Mikke.

 ?? BUDIONO FOR JAWA POS ??
BUDIONO FOR JAWA POS
 ?? BUDIONO FOR JAWA POS ?? INSPIRATIF: Karya ilustrator Jawa Pos Setyo Budiono bertajuk Tetap Merdeka Tak Pernah Mati akan tampil dalam pameran ”Representa­si #4: Pahlawan Nasional” di Pendhapa Art Space Jogja bulan depan.
BUDIONO FOR JAWA POS INSPIRATIF: Karya ilustrator Jawa Pos Setyo Budiono bertajuk Tetap Merdeka Tak Pernah Mati akan tampil dalam pameran ”Representa­si #4: Pahlawan Nasional” di Pendhapa Art Space Jogja bulan depan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia