Jawa Pos

Vidi Aldiano dan Tiara Andini Buktikan Diri di Buktikan

Lebih dari sedekade lalu, Buktikan dirilis. Duet vokal Dewi Sandra dan Rayen Pasto itu jadi lagu cinta wajib saat itu. Kini, lagu tersebut dibawakan ulang oleh Vidi Aldiano dan Tiara Andini. Lebih segar, lebih kekinian, sekaligus lebih menantang.

-

BAGI Vidi Aldiano, Buktikan adalah salah satu lagu Indonesia favoritnya. Lagu yang dirilis pada 2007 itu jadi andalannya ketika karaoke maupun nongkrong bersama gengnya. ”Bawain lagu ini tuh beban, tapi it’s a good burden. Buktikan adalah lagu generasi gue, lagu yang orang seangkatan gue kenal banget,” papar Vidi dalam konferensi pers Jumat (1/10) lalu. Vidi mengaku, lagu tersebut cukup sulit dibawakan.

Solois kelahiran 29 Maret 1990 itu menjelaska­n, saat masih ngeband, dia sempat ingin membawakan lagu tersebut. ”Tapi, skill-nya belum sampai situ. Nyerah, deh. Aku akhirnya bawain kali pertama 2010, bareng sama Tante Dewi (Sandra, Red). Enggak nyangka banget,” ungkap Vidi. Sementara itu, Tiara Andini mengenal Buktikan dari Indonesian Idol.

Dia menceritak­an, salah satu kontestan menyanyika­n lagu tersebut di panggung spektakule­r. Bagi dia, lagu tersebut punya teknik vokal yang rumit. ”Ada yang bawain di panggung dengan segala ’kekeriting­an’ itu. Aku enggak kepikiran sampai remake karena cover-nya aja sudah sulit banget dibawain temanku yang mateng banget,” lanjut runnerup Indonesian Idol musim kesepuluh itu.

Saat mendapatka­n tawaran me-remake lagu duet ikonis tersebut, Vidi dan Tiara pun sama-sama kaget. ”Aku langsung ’hah? Ini mau diapain lagi?,’” kata Tiara. Vidi pun berpikiran serupa. Tapi, dia menilai, kesempatan itu wajib diambil. Sebab, dia ingin Buktikan masuk layanan streaming digital. ”I’m glad kami bawain lagu ini. Setelah di-play di HP, oke juga ya,” lanjutnya.

Buktikan pun jadi ajang pembuktian dua solois muda tersebut. Vidi menceritak­an, versi barunya menawarkan nuansa yang chill, tapi tetap groovy. Musiknya pun lebih segar. Tiara menilai, Buktikan berhasil keluar dari bayangbaya­ng versi orisinalny­a. ”Cara menyanyi kita beda. Dari tahun ke tahun, pasti banyak alat dan sound yang beda. Itulah yang kami masukin ke

lagu ini,” imbuhnya.

Remake lagu tersebut diaranseme­n langsung oleh Bemby Noor, sang penulis lagu. ”Thanks to Gamaliel, vocal director yang mempersuli­t lagu ini,” canda Vidi. Tiara pun mengakui ”siksaan” Gamaliel. Dia menceritak­an, personel trio GAC itu cukup teliti mengulik lagu. Musisi asal Jember tersebut menceritak­an, proses latihan cukup sulit. Sebab, ada tuntutan untuk melakukan rekaman lagu penuh teknik tetap easy listening.

 ?? UNIVERSAL MUSIC INDONESIA ?? TUGAS BERAT: Kolaborasi Vidi Aldiano dan Tiara Andini di Buktikan mendapat tantangan akan sesukses saat tembang itu dinyanyika­n Dewi Sandra dan Rayen Pasto.
UNIVERSAL MUSIC INDONESIA TUGAS BERAT: Kolaborasi Vidi Aldiano dan Tiara Andini di Buktikan mendapat tantangan akan sesukses saat tembang itu dinyanyika­n Dewi Sandra dan Rayen Pasto.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia