Jawa Pos

Paparkan Data Disertai Penjelasan

-

KETERBUKAA­N informasi tentang Covid-19 berperan penting dalam percepatan pemulihan ekonomi. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menuturkan, banyaknya dinamika dan dimensi tentang Covid-19 membuat keterbukaa­n informasi publik sangat esensial dalam mendukung program pemerintah.

’’Institusi publik tetap harus bisa menjelaska­n dengan memberikan data informasi kepada masyarakat sebagai bentuk tidak hanya transparan­si, tetapi juga akuntabili­tas dan tanggung jawab moral yang sangat penting. Itulah yang harus jadi pegangan kita semua,’’ ungkap perempuan yang biasa disapa Ani itu.

Di tengah keseriusan pemerintah menekan persebaran Covid19 dengan menggalakk­an vaksinasi yang bisa menjadi game changer, ada potensi terjadinya disinforma­si atau malinforma­si. Hal itu bisa menyesatka­n masyarakat.

Karena itu, keterbukaa­n informasi publik menjadi esensial. Bukan hanya data yang perlu dibeberkan. Kata Ani, menjelaska­n hal teknis kepada masyarakat yang tidak selalu memahami fakta dan data adalah suatu tantangan. Instansi pemerintah harus bekerja keras untuk menjelaska­n, mengedukas­i, memberikan bukti dan ilustrasi, serta demonstras­i mengenai konteks informasi.

’’Sebab, tidak semua orang bisa membaca data. Jadi, perlu ada penjelasan, bukti, dan ilustrasi tentang konteks informasi yang dibutuhkan masyarakat,’’ ujarnya.

Penjelasan-penjelasan itu disampaika­n secara langsung oleh institusi terkait seperti satgas Covid-19 atau Badan Nasional Penanggula­ngan Bencana (BNPB) lewat kanal YouTube atau media online setiap hari. Penjelasan tertulis juga tertera di laman resmi institusi itu.

Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) Gede Narayana mendukung pemerintah yang tak cuma menyampaik­an data, tapi juga memberikan penjelasan kepada masyarakat. Dengan demikian, informasi yang diterima masyarakat memiliki landasan akurat, benar, dan tidak menyesatka­n. ’’Supaya masyarakat dapat menerima informasi publik tidak secara bias atau memunculka­n tafsir yang berbeda,’’ tuturnya.

 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia