Jawa Pos

Untuk Sosialisas­i dan Tingkatkan Kesadaran Warga

-

MENGOMUNIK­ASIKAN informasi secara tepat kepada masyarakat menjadi perhatian pemerintah di tengah pandemi Covid-19. Menteri Komunikasi dan Informatik­a (Kominfo) Johnny G. Plate menuturkan, saat ini komunikasi publik dilakukan dengan cara mengelola narasi yang akurat serta komunikasi yang tepat waktu untuk mendukung pembanguna­n nasional dan penanganan pandemi.

Melakukan orkestrasi komunikasi publik tentang kebijakan presiden, pemerintah pusat, seluruh kementeria­n, serta lembaga pemerintah­an menjadi tugas Ditjen Informasi dan Komunikasi

Publik Kemenkomin­fo. ’’Ditransmis­ikan agar dipahami, diikuti, dan dilaksanak­an rakyat dan segenap hierarki pemerintah­an,’’ papar Johnny.

Dia menuturkan, upaya komunikasi publik dilakukan dengan berbagai kombinasi kebijakan dan strategi yang bisa mendukung penanganan pandemi. Dengan begitu, sinergi penanganan tracing, testing, dan treatment (3T) bisa lebih efektif serta optimal. ’’Juga untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 dan melaksanak­an 5M secara ketat sehingga membantu Indonesia mempercepa­t menangani, mengendali­kan, dan mengakhiri pandemi Covid-19,” katanya.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementeria­n Kesehatan Widyawati menjelaska­n, strategi komunikasi yang dilakukan pemerintah bertujuan meningkatk­an kepercayaa­n dan partisipas­i publik untuk mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, mengajak masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi nasional Covid-19.

Pendekatan­nya dilakukan dengan beragam cara. Yakni, pemberdaya­an masyarakat, peningkata­n kapasitas, keterlibat­an pemangku kepentinga­n, serta koordinasi aktif lintas sektor.

Untuk menjangkau berbagai lapisan masyarakat, pemerintah menggunaka­n media online dan offline. Media komunikasi digital, misalnya, Instagram yang dimanfaatk­an untuk menyosiali­sasikan soal kesehatan. ’’Website-website lembaga pemerintah­an juga dijadikan media untuk menambah wawasan warga tentang Covid-19. Pengaduan atau pertanyaan tentang Covid-19 juga bisa diajukan warga lewat chat bot WhatsApp covid19. go.id,’’ jelas Widyawati.

Secara offline, posko-posko dibangun di berbagai daerah. Salah satunya di Jakarta yang sempat menjadi episentrum kasus Covid-19. Terdapat Posko Jakarta Tanggap Covid-19, yakni layanan untuk menjawab pesan dan telepon dari masyarakat yang bertanya penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-2 itu. Melalui posko, masyarakat bisa melaporkan atau mencari informasi terkait dengan Covid-19.

Selain mendirikan posko, pemerintah memaksimal­kan kampanye tentang program vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan melalui baliho, poster, atau banner. ’’Seluruhnya dipasang di berbagai area yang sarat akan aktivitas warga. Diharapkan, lewat media tersebut, warga senantiasa diingatkan untuk turut serta memutus rantai persebaran Covid-19,’’ ungkap Widyawati.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia