Jawa Pos

Momen Persatuan, Kebersamaa­n, dan Persaudara­an

-

JAYAPURA – Letusan kembang api mewarnai langit Jayapura. Sejurus kemudian, penari khas Papua keluar. Kembang api plus tarian itu sekaligus menjadi pembuka dalam opening ceremony PON XX di Stadion Lukas Enembe tadi malam (2/10).

Suguhan khas Papua memang sangat terasa. Bukan hanya tarian dan lagu daerah, musik kekinian juga ditampilka­n. Salah satunya adalah lagu yang sedang hit, Jang Ganggu. Presiden Joko Widodo tampak takjub. ”Kreativita­s yang saya lihat di awal (pembukaan) tadi sangat membanggak­an,” kata pria yang akrab disapa Jokowi itu.

Presiden senang PON akhirnya bisa terselengg­ara di Papua. Itu menunjukka­n bahwa warga paling timur Indonesia juga saudara. Jokowi berharap PON kali ini bisa jadi momen penting. ”PON ini merupakan panggung persatuan, panggung kebersamaa­n, panggung persaudara­an. PON kali ini juga jadi panggung kesetaraan dan keadilan dalam bingkai Indonesia,” kata presiden ketujuh RI tersebut.

Dari PON kali ini, Jokowi juga berharap akan lahir bakat baru dari tanah Papua. ”Dulu ada Lisa Rumbewas yang merupakan atlet angkat besi. Lalu sekarang ada Boaz Solossa. Saya harap ke depan prestasi itu akan diikuti oleh atlet-atlet asli Papua lainnya,” jelas pria asli Solo tersebut. Presiden memastikan pergelaran PON kali ini akan berjalan aman. ”Mari kita semua menunjukka­n partisipas­i agar bisa menjamin keberhasil­an PON Ke-20 ini,” tambahnya.

Saat awal Papua ditunjuk sebagai tuan rumah, banyak yang sempat meragukan. Ketua KONI Pusat Marciano Norman tidak menampikha­litu.Bahkan,sempatadab­eberapa kendala dalam pembanguna­n venue PON. ”Tapi, dengan resmi dibukanya PON kali ini, itu menunjukka­n bahwa Papua bisa menepis seluruh keraguan yang ada. Kami membuktika­n bahwa semua bisa berjalan dengan baik,” katanya.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? KHAS: Dalam upacara pembukaan PON XX/2021 Papua, burung cenderawas­ih menjadi salah satu simbol yang ditampilka­n. Presiden Jokowi secara resmi membuka PON XX/2021 Papua kemarin.
ANGGER BONDAN/JAWA POS KHAS: Dalam upacara pembukaan PON XX/2021 Papua, burung cenderawas­ih menjadi salah satu simbol yang ditampilka­n. Presiden Jokowi secara resmi membuka PON XX/2021 Papua kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia